5 Rekor Lionel Messi Yang Mustahil dan Yang Bisa Dipecahkan Erling Haaland

Gilabola.com – Mungkin hanya Erling Haaland yang bisa memecahkan rekor Lionel Messi, meski ada beberapa yang tampaknya mustahil, namun masih ada yang bisa dipecahkan pemain Manchester City ini.

Lionel Messi meraih Ballon d’Or kedelapannya beberapa pekan lalu dan juga telah mendapatkan trofi Piala Dunia 2022 yang ia angkat pada bulan Desember 2022, sebuah gelar juara yang berhasil ia raih sebelum mengakhiri masa pensiunnya.

Messi pun kemudian mengatakan bahwa trofi Ballon d’Or kedelapannya itu akan menjadi trofi terakhirny. Sang pemain Argentina menyadari bahwa sekarang ia telah jauh dari hiruk pikuk liga-liga besar Eropa, dan trofi tersebut akan menjadi pencapaian terakhir baginya.

Nah, yang menarik untuk kita lihat saat ini adalah, apakah akan ada pemain bola yang bisa memecahkan semua rekor Messi suatu hari nanti?

Tampaknya bakal sulit untuk diulangi, tak usah rekor Messi deh, coba saja dulu menyamai rekor Cristiano Ronaldo yang punya lima trofi Ballon d’Or, atau yang punya tiga seperti Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco Van Basten, itu saja sudah pasti sulit untuk disaingi.

Tapi bukan hanya rekor trofi pemain terbaik dunia saja yang ternyata tampaknya mustahil untuk dipecahkan, berikut adalah lima rekor Messi lainnya.

Rekor Gol Dalam Satu Tahun Kalender

Kita berbicara tentang jumlah gol klub ditambah gol di tim nasional, tetapi untuk mendapatkan gambaran tentang angka yang Messi torehkan pada tahun 2012, mari kita bicara tentang pesaing terdekatnya dulu.

Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo, dua pemain yang sangat produktif mencetak gol, keduanya hanya mencapai maksimum 69 gol dalam satu tahun kalender.

Lewandowski melakukannya pada tahun 2021 bersama Bayern yang dominan di Bundesliga, dan Ronaldo bersama Real Madrid pada tahun 2013 di Liga Spanyol.

Contoh lainnya nih, Haaland dan Kylian Mbappe punya catatan 40 gol lebih hingga saat ini di tahun 2023, dengan dua bulan kalender tersisa.

Kita bisa melihat bahwa Erling Haaland telah menjalani tahun yang luar biasa, tapi itupun ia masih tertinggal 40 gol lebih dari rekor Messi.

Apakah masih bisa dipecahkan? Mungkin masih busa tapi angkanya masih jauh banget yah!

Rekor Gol Dalam Semusim dan Untuk Klub

Kedua angka tersebut, baik total gol bagi tim nasional ditambah klub dan juga gol yang dicetak hanya untuk klub pada tahun 2011/2012 adalah rekor Lionel Messi.

Sekali lagi kita membandingkannya untuk melihat seberapa sulitnya mencapai pencapaian tersebut.

Cristiano dengan musim yang paling produktif mencetak gol, mencapai 61 gol bersama Real Madrid di musim 2014/2015 dan 66 gol jika anda menambahkannya dengan gol yang dicetaknya untuk Portugal.

Gerd Muller mencetak 67 gol secara total pada tahun 1972/1973, dan sang legenda Brasil, Pele mencetak 66 gol pada tahun 1957/1958.

Rekor gol Messi pada tahun 2011/2012 itu adalah angka yang tampaknya paling sulit untuk dipecahkan!

Rekor Gol Dalam Satu Musim Liga

Selama 20 tahun, salah satu pertanyaan di LaLiga adalah apakah ada yang akan pernah bisa memecahkan rekor pencetak gol yang ditorehkan oleh Zarra dan Hugo Sanchez, yang mencetak 38 gol pada musim 1950/1951 dan 1989/1990.

Dan sejak tahun 2010, Cristiano Ronaldo melampaui batas itu tiga kali, Messi tiga kali, dan Luis Suarez sekali.

Yang paling jauh melebihi dua rekor legenda tersebut adalah Messi, yang memecahkan rekor dengan 50 gol dalam satu musim dan Cristiano mencetak 48 gol pada musim 2014/2015!

Pertandingan Beruntun Mencetak Setidaknya Satu Gol

Sekali lagi mari kita bandingkan rekor Messi dengan rekor peringkat kedua dan ketiga, kali ini dengan rekor Ronaldo Nazario alias Ronaldo Brasil dan juga rekor Cristiano Ronaldo, yang mampu mencetak gol dalam sepuluh pertandingan beruntun. Ingat 10 yah!

Nah, Messi melakukannya hingga 19 pertandingan! Mencetak gol pada setiap pertandingan melawan tim lain pada musim 2012/2013. Dan rekor ini terputus karena Messi cedera, jadi seharusnya ia bisa mencetak jauh lebih banyak gol.

Bahkan setelah kembali dari cedera, ia mencetak gol lagi dalam dua pertandingan berikutnya, sehingga ia juga memegang rekor pertandingan beruntun yang dimainkan dengan mencetak gol, dengan total 21 pertandingan!

Rekor Gol di Liga Spanyol

Sebelum kedatangan Messi dan Cristiano, pencetak gol terbanyak dalam sejarah LaLiga adalah Telmo Zarra, dan kini tergusur ke peringkat ketiga dengan 252 gol.

Nah, Messi berhasil mencetak 474 gol, 163 gol lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dan 224 gol lebih banyak dari Telmo Zarra!

Untuk mendapatkan gambaran tentang rekor ini, mari kita bandingkan dengan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam lima liga besar lainnya:

  • Premier League: Alan Shearer dengan 260 gol (214 lebih sedikit dari Messi di LaLiga)
  • Serie A: Silvio Piola dengan 274 (200 lebih sedikit dari Messi di LaLiga)
  • Bundesliga: Gerd Muller dengan 365 gol (109 lebih sedikit dari Messi di LaLiga, dan ini yang terdekat)
  • Ligue 1: Delio Onnis dengan 299 gol (175 gol lebih sedikit dari Messi di LaLiga)

Rekor Messi Yang Masih Mungkin Terpecahkan

Berbicara tentang rekor manusia normal ketika ada nama Messi justru terdengar aneh, tetapi ada beberapa rekor Messi yang mungkin tampaknya masih mungkin dipecahkan.

Misalnya, 6 Trofi Golden Boots-nya, apakah sulit untuk dipecahkan? Ya sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Dan kita bisa berharap Erling Haaland bisa memenangkan banyak Golden Boots hingga akhir kariernya misalnya.

Atau 106 gol untuk tim nasional Argentina, yang merupakan pencapaian luar biasa, tetapi di masa-masa ini dengan semakin banyak pertandingan, mungkin ada penyerang haus gol yang bisa memecahkan rekornya meskipun akan sangat sulit. Tapi akan sulit bagi Haaland karena melihat tim nasionalny, yang mungkin adalah Kylian Mbappe.

Pemain lain juga bisa memecahkan rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia, Messi hanya 26 pertandingan, ini Haaland juga sulit dan lagi-lago Mbappe yang mungkin, atau Jude Bellingham juga bisa.

Di LaLiga, masih ada rekor pemain yang paling banyak memenangkan pertandingan (383 kemenangan), lalu pemain yang setidaknya mencetak satu gol dan Messi melakukannya dalam 300 pertandingan, pertandingan dengan setidaknya dua gol sebanyak 133 pertandingan, pertandingan dengan setidaknya tiga gol 36 pertandingan. Mungkinkah terpecahkan rekor-rekor itu semua? Mungkin laaah!

Tapi ya seperti yang disebutkan saat malam gala Ballon dOr, Messi adalah legenda. Yang bisa pecahkan rekornya juga pasti akan jadi legenda!

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!