Analisa Taktik dan Peran Lionel Messi di Inter Miami, Jadikan Tim Terbaik di MLS

Gila Bola –┬áDengan kedatangan mantan legenda FC Barcelona seperti Sergio Busquets, Jordi Alba, dan tentu saja, Lionel Messi, Inter Miami membangun tim paling menyenangkan ditonton di seluruh MLS.

Inter Miami berjuang untuk meraih kesuksesan di bawah Phil Neville, dan mendatangkan mantan manajer Barcelona, Gerardo Martino. Sejak Messi bergabung dengan Inter Miami, tim ini menjadi sangat menyenangkan untuk ditonton di MLS, dan telah menjalani rentetan pertandingan tanpa kekalahan.

Berikut adalah dampak besar yang dibawah oleh Lionel Messi ke Inter Miami sejak bergabung pada bulan Juni 2023.

Youtube Peran dan Dampak Kedatangan Lionel Messi di Inter Miami, Tim Paling Enak Ditonton di MLS
Tonton videonya di Youtube @gilabolanews

Posisi dan Peran Lionel Messi di Inter Miami

Kita semua tahu Lionel Messi adalah playmaker serba bisa yang mampu bermain di mana saja di lini depan.

Tetapi Penampilan terbaik Lionel Messi ketika berada di sebelah kanan lini depan, seperti saat di Piala Dunia 2022 di sebelah kanan formasi 4-4-2.

Kini Martino mengulangi kesuksesan tersebut dengan Memainkan Messi di posisi kanan bersama penyerang Venezuela, Josef Martinez, salah satu ‘pemain paling berbahaya’ di MLS.

Dalam peran tersebut, tidak mengherankan mendengar bahwa Messi adalah sosok yang dicari untuk mendapatkan bola setiap kesempatan.

Ini berarti bahwa kadang-kadang dia bahkan akan turun hingga ke dekat Sergio Busquets untuk mengambil bola, seperti yang mungkin telah kita lihat kerjasama mereka di Barcelona.

Busquets dan Messi memiliki pemahaman yang luar biasa, dan keduanya juga merupakan dua pemain kelas dunia.

Kemudian ada Jordi Alba di sayap kiri seperti yang dia lakukan selama masa-masa di Barca dan tim nasional Spanyol.

Alba akan terus menciptakan peluang bagi Messi, dan Messi sangat paham dengan cara bermain bek sayap Spanyol tersebut dan tahu kapan saatnya harus berlari untuk menghadapi situasi.

Dengan semua pemain bergerak dan kecenderungan Messi untuk mendapatkan bola di setiap kesempatan, Messi lebih berperan sebagai pemain nomor #10 bagi tim Gerardo Martino saat menguasai bola dan beroperasi di belakang Martinez.

Dalam peran ini, Messi memiliki sedikit tanggung jawab pertahanan. Dia akan mengatur ritme permainan dalam formasi 4-4-2 tim ketika tidak memiliki bola, dan Peran utama pertahanan lebih difokuskan pada Busquets dan Dixon Arroyo untuk merebut bola di lini tengah.

Ketika Inter Miami berhasil mendapatkan bola, pasti mereka akan mencari Messi pertama kali dalam transisi menyerang. Kendali Messi memungkinkannya untuk menguasai serangan balik, terus mendorong pertahanan lawan ke belakang karena takut membuat kesalahan, hingga akhirnya dia sering memberikan umpan yang mematikan bagi rekan satu timnya.

Jelas sekali, ini adalah revolusi bagi Miami. Tim Phil Neville sangat buruk sebelum kedatangan Messi. Dari delapan laga yang sudah dimainkan bersama Inter Miami, La Pulga mampu mencapai dua final dan meraih satu gelar juara. Messi baru saja membawa Inter Miami ke final US Open Cup 2023, Kamis 24 Agustus 2023. Inter Miami ke final usai menang lewat babak adu penalti atas FC Cincinnati pada laga yang digelar di TQL Stadium.

Kualitas di Setiap Pertandingan Terakhir

Bahkan dalam empat pertandingan sejauh ini, kita diingatkan mengapa Lionel Messi masih dianggap oleh banyak orang sebagai pemain sepak bola terbaik di planet ini.

Kualitasnya jauh di atas level MLS sehingga sering diperlukan empat pemain untuk menghentikannya, tim-tim mengembangkan penyesuaian defensif yang liar untuk meredam superioritas Messi.

Salah satu kualitas kelas atasnya adalah kemampuannya untuk menghindari tekanan dan dengan lancar mengatasi bek lawan dalam dribel. Dia sangat cepat setelah mengelabui lawan dengan cara apa pun, dan sangat sulit untuk dihentikan begitu dia membawa bola.

Tak ada yang berani untuk melanggarnya, karena Messi bisa mencetak gol dari tendangan bebas berikutnya, sesuatu yang sudah dia lakukan tiga kali untuk Inter Milan. Tetapi pemain lawan juga tidak bisa membiarkan Messi lewat begitu saja, karena semakin dekat dia ke gawang, semakin besar kemungkinan dia akan memamerkan keajaiban.

Jadi satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menempatkan pemain di sekitarnya saat dia semakin dekat dengan bola, untuk meredam kemampuannya dalam bermain ke opsi lain, dan berharap salah satu dari empat pemain yang mengelilinginya bisa merebut bola.

Itu adalah strategi yang sangat berisiko ketika Messi menyerang melalui tengah lapangan, karena dia sangat cerdas dalam mengoper bola. Pemain Argentina ini melihat ruang-ruang untuk bermain yang tidak terlihat oleh orang lain.

Inter Miami semakin menakutkan karena koneksi permainan Lionel Messi dengan Sergio Busquets dan Jordi Alba, yang memungkinkan tim melakukan trianguasi antara ketiganya.

Messi jagoan dalam memberikan dan menerima umpan, serta memiliki kemampuan untuk memberikan umpan mati dan kemudian menyelesaikan serangan yang dia mulai, serta sangat tenang di depan gawang.

Dia jarang mencetak gol dengan kekuatan yang luar biasa. Sebaliknya, dia mencetak gol melalui ketenangannya. Itu berlaku dari luar kotak penalti seperti tendangan bebas fenomenalnya, hingga di dalam kotak penalti.

Akhirnya, perlu dicatat bahwa dampak Messi bisa dirasakan di seluruh tim Inter Miami. Standar pelatihan mereka telah meningkat, dan perasaan optimis telah mencapai level tertinggi.

Jadi sementara upaya masuk playoff dari dasar klasemen MLS mungkin tidak tercapai, lewat Piala Liga , turnamen yang gak ada sponsornya, bisa jadi jalur mereka. Tapi yang pasti, Lionel Messi kini menjadikan Miami sebagai tim paling menarik ditonton di MLS.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!