Ballon d’Or Diumumkan Besok, Inilah 3 Nama Kejutan yang Pernah Masuk Nominasi

Gila Bola – Pemenang Ballon d’Or 2023 akan diumumkan selang 30 jam lagi, Selasa dinihari (31/10), dengan rumor menyebutkan Lionel Messi akan meraih hadiah kedelapan kalinya. Tapi kali ini kita akan lihat tiga nama kejutan yang pernah masuk nominasi penghargaan ini.

Satu yang sudah jelas dari foto di atas adalah Mario Balotelli, pemain Italia yang saat itu masih membela jersey Manchester City. Keputusan tersebut termasuk mengejutkan karena pemain ini selalu diasosiasikan dengan berbagai kekacauan, kebengalan dan ketidakpatuhan di atas lapangan.

Meski begitu, nama Balotelli ternyata masuk ke urutan 23 dari semua nominasi pemain untuk Ballon d’Or 2012. Ia hanya kalah dari Karim Benzema, Sergio Busquets, Gerard Pique, Manuel Neuer dan Sergo Ramos pada ranking 22 sampai 18.

Apakah perlu kami sebut siapa pemenang tahun itu? Lionel Messi. Ia menduduki urutan pertama dengan 41 persen lebih suara, menang satu putaran, mengalahkan Cristiano Ronaldo 24 persen dan Andres Iniesta 11 persen di posisi dua dan ketiga.

Emmanuel Adebayor

Sukar untuk bisa menerima bahwa Emmanuel Adebayor masuk ke dalam nominasi Ballon d’Or. Itu terjadi pada edisi 2008 pada musim ketika ia melesakkan 30 gol bagi Arsenal di semua kompetisi.

Sebagai akibatnya ia masuk urutan 12 nominasi tahun 2008 itu, hanya kalah dari Steven Gerrard, Kaka dan Zlatan Ibrahimovic di atasnya. Unggul posisi nominasi di atas Wayne Rooney, Sergio Aguero, Frank Lampard dan Franck Ribery. Sebuah posisi yang lumayan terhormat.

Sesudah musim terbaiknya itu berlalu, Adebayor kesulitan menembus batas 15 gol. Dua kali ia berhasil melewati batas 15 gol itu, satu kali di Premier League dan satu kesempatan lainnya di Turki.

Jens Lehmann

Jarang-jarang seorang kiper masuk nominasi, terutama karena gol selalu jadi ukuran kesuksesan calon pemenang. Tetapi setelah melewati 854 menit tanpa kebobolan satu kali pun, Jens Lehmann yang saat itu mewakili Arsenal masuk ke ranking 10 nominasi Ballon d’Or.

Patut untuk dicatat bahwa posisi kedua dengan 32 suara, dan hanya berselisih 10 suara di bawah sang pemenang Fabio Cannavaro, adalah Gianluigi Donnarumma yang juga seroang kiper dan mewakili Juventus. Sang pemenang Cannavaro dengan 42 suara juga seorang pemain Bianconeri.

Donny van de Beek

Pemain gagal Setan Merah, Donny van de Beek, ternyata sempat juga lho masuk daftar nominasi, yaitu pada edisi 2019 ketika ia masih berstatus pemain Ajax Amsterdam.

Itu adalah musim ketika Van De Beek mencatatkan 9 gol bagi De Joden, dan 10 gol bagi tim yang sama musim berikutnya. Sayang sekali ia memilih pindah ke Liga Inggris.

Selain nama-nama di atas, ada beberapa nama kejutan lain yang pernah masuk ke dalam nominasi penghargaan individual paling bergengsi ini. Mereka antara lain adalah Nani Manchester United, Jamie Vardy Leicester City, dan Asamoah Gyan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!