Chelsea Memang Belum Sempurna, Tapi Kini Menjelma Jadi Tim Paling Menghibur di Premier League!

Gilabola.com –┬áChelsea di bawah kepemimpinan Mauricio Pochettino, menjalani musim 2023/2024 dengan hasil yang sangat bervariasi, seperti laga terakhir saat imbang 4-4 melawan Manchester City di pekan ke 12, tapi kalau kita mengamati permainan The Blues saat ini, mereka tampil sangat menghibur dan menjadi tim Liga Inggris yang paling enak untuk ditonton.

Setelah mengeluarkan banyak uang di musim panas lalu untuk mendatangkan setengah skuad baru, pelatih baru dan begitu banyak pemain yang harus beradaptasi agar terbiasa bermain bersama, ini menjadi sebuah proses yang memang membutuhkan waktu.

Saat ini, Chelsea berada di peringkat ke-10 di papan klasemen Liga Inggris, dengan hanya empat kemenangan dari 12 pertandingan. Meskipun kata “membaik” belum sepenuhnya bisa kita berikan pada performa Chelsea, namun setidaknya para penggemar sekarang mendapatkan nilai dari uang yang mereka keluarkan untuk menonton tim kesayangan mereka, yaitu pertandingan yang menghibur!

Hasil imbang melawan Manchester City membawa skuad Mauricio Pochettino naik ke paruh atas klasemen Liga Inggris untuk ketiga kalinya selama masa pemerintahannya. Dan hanya selisih gol yang membuat catatan mereka lebih baik daripada Brentford yang berada di peringkat ke-11.

Kini harapan tentunya telah bergeser, kemenangan tentu saja akan lebih menyenangkan, dan Hasil imbang melawan City, serta kemenangan atas Spurs dan hasil imbang dengan Arsenal beberapa pekan sebelumnya, tentu adalah sebuah kemajuan dalam performa mereka dan juga hiburan bagi para penggemar mereka.

Chelsea telah menjadi tim terbaik untuk ditonton dalam beberapa pekan terakhir di Liga Premier, soal apakah mereka menang atau tidak, itu seharusnya dianggap sebagai hal positif dari sebuah proses bagi tim yang mengalami masa suram musim lalu.

Dan jika melihat angka-angka performa mereka, menunjukkan bahwa penampilan Chelsea layak mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari yang sebenarnya mereka tempati saat ini di klasemen liga, bahkan sebenarnya mereka telah naik empat posisi dalam klasemen.

Chelsea memeng bukanlah tim yang sempurna, bahkan mungkin untuk saat ini target utama Chelsea adalah terus bermain baik berusaha terus meraih kemenangan dan masuk zona Eropa lagi.

Dengan selisih 10 poin dari posisi empat besar, Jika Chelsea bisa masuk zona kompetisi Eropa lagi, itu akan menjadi kebangkitan yang luar biasa, apalagi jika mereka sampai kembali masuk ke zona Liga Champions.

Tetapi untuk saat ini, semua pendukung Chelsea tetap harus bersabar dan menikmati perjalanan Chelsea yang liar ini dan ternyata cukup menyenangkan saat menonton Chelsea bermain.

Pertandingan klasik melawan City pada hari Minggu adalah salah satu pertandingan paling menarik yang pernah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir. Pertandingan seimbang antara Chelsea vs Man Cty seperti ini belum pernah terjadi dalam hampir 15 tahun terakhir.

Laga melawan City menghasilkan lebih banyak peluang dan juga gol daripada pertandingan lain di Liga Premier musim ini, bahkan kemenangan 8-0 Newcastle atas Sheffield United, yang meskipun juga menghibur dengan cara yang agak berbeda, tapi laga Chelsea vs Man City ini jauh berbeda.

Ini adalah pertandingan yang sangat menghibur, penuh serangan balik, yang sebagian besar disebabkan oleh Chelsea ingin menang dari lawan yang lebih unggul.

Banyak tim lain lebih memilih untuk bertahan melawan City, membiarkan mereka menguasai bola, dan hanya mengisi pertahanan mereka sendiri hingga sulit bagi City untuk menembus.

Ini adalah taktik yang telah berhasil bagi beberapa tim, bermain melawan City selalu ada kemungkinan nasib lawan akan berakhir dengan kekalahan. Apalagi jika mengingat saat Man City berada dalam performa terbaik, mereka dapat mencetak lima gol tanpa balas dari siapa pun.

Tetapi Chelsea mengambil inspirasi dari kemenangan 1-0 Arsenal atas City bulan lalu dan membuat wajah Pep Guardiola cemberut. Man City dibuat hanya mampu memiliki penguasaan bola yang relatif rendah dari biasanya sebesar 54,8%,

Chelsea berusaha mengganggu permainan umpan mereka dengan terus menekan. Mereka melakukan lebih banyak tekanan jika dibandingkan dengan semua pertandingan yang telah mereka jalani sejauh ini.

Mereka menjadikan pertandingan ini menjadi neraka bagi City. Chelsea lebih suka mengendalikan pertandingan dan menentukan tempo dengan permainan umpan mereka. Bahkan Setelah pertandingan, gelandang City, Rodri, memuji Chelsea.

Bola berpindah kaki begitu banyak sehingga City terpaksa melakukan lebih banyak tindakan defensif, lebih banyak tekanan hingga sepertiga akhir lapangan, lebih banyak daripada yang pernah mereka lakukan dalam satu pertandingan Liga Premier musim ini.

City tidak dapat menguasai pertandingan seperti biasanya, sehingga mereka tidak bisa bersantai saat mereka melempar bola ke belakang, dan mereka jauh lebih panik ketika dalam penguasaan bola.

Ini membuat pertandingan menjadi sangat berbeda dari pertandingan yang biasanya kita lihat saat Man City terlibat.

Chelsea total melepaskan 17 tembakan, dua lebih banyak dari yang berhasil dicatatkan oleh Man City.

Meski masih ada banyak hal yang salah yang dilakukan p;eh pertahanan Chelsea, Marc Cucurella mungkin bisa lebih baik lagi saat berhadapan dengan Erling Haaland di kotak penalti, dan mungkin seharusnya tidak dibiarkan sendirian menghadapi pemain Norwegia itu.

Chelsea juga masih terlalu lambat untuk keluar dari tekanan yang menyebabkan Manuel Akanji menghasilkan gol kedua City, dan upaya bloking Thiago Silva terhadap tembakan Rodri juga masih belum kuat, sehingga sebenarnya bukan lah sepenuhnya salahnya saat ia memantulan bola ke gawangnya sendiri untuk membuat skor menjadi 4-3 untuk City.

Setelah hasil imbang ini, lima pertandingan terakhir Liga Premier Chelsea total telah menghasilkan 24 gol – lebih dari tim lain dalam periode itu, tepat di depan City 22 sebanyak gol.

Masih banyak masalah yang harus diperbaiki oleh Pochettino. Kemenangan atas City salah salah satu dari tujuh kemenangan pertandingan liga mereka di Stamford Bridge musim ini, jumlah terendah mereka setelah tujuh pertandingan kandang dalam satu musim liga. Tetapi melihat angka-angka itu kita bisa melihat Chelsea benar-benar lebih baik.

Dan meskipun hasil melawan City ini tidak banyak membantu mereka karena tetap masih terjebak di tengah-tengah papan klasemen, setidaknya ini adalah permainan yang luar biasa dari Chelsea saat ini. Menikmati proses adalah separuh dari kesenangan, jadi mari kita duduk, santai, dan bersiap menantikan kejutan dari Chelsea berikutnya!

Baca berita dan artikel lainnya di Google News