Persebaya kontra Persija

Gila Bola – Hasil Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di pekan ke-32 Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Joko Samudro Gresik, Rabu (5/4) malam, ditutup dengan skor 0-1.

Persebaya harus mengakui keunggulan tamu mereka, Persija Jakarta, dalam laga bigmatch kali ini. Sebiji gol yang tercipta di laga ini dibukukan Witan Sulaeman lewat tendangan kaki kanannya saat laga baru berjalan enam menit.

Setelah itu, gempuran demi gempuran dilakukan para pemain kedua tim untuk mencetak kembali gol-gol yang mereka butuhkan. Namun, tak ada peluang maupun ancaman yang membuahkan hasil, hingga laga ditutup dengan skor tipis bagi kemenangan tim tamu, Persija Jakarta.

Dalam pertandingan ini, Persebaya memang tak diperkuat beberapa bintang andalan mereka. Akibatnya, tanpa kehadiran Ze Valente dan Sho Yamamoto, skuad Bajol Ijo tampil kurang menggigit. Mereka tampak kesulitan mengkreasikan peluang, dan lebih banyak mengandalkan aksi pemain muda Brylian Aldama.

Ini menjadi kemenangan pertama Persija Jakarta atas Persebaya Surabaya, setelah sebelumnya tim Macan Kemayoran tak pernah menang di lima pertemuan terakhir kedua tim.

Berkat kemenangan ini, di posisi ketiga Persija Jakarta memperbaiki koleksi poinnya menjadi 60 poin – hanya terpaut dua poin saja dari Persib Bandung di urutan kedua. Sedangkan Persebaya, tetap di posisi ke-8 dengan 45 poin.

Tampil Menekan, Persebaya Malah Kebobolan di Awal Laga

Kedua tim sama-sama berusaha tampil menekan sejak kickoff, terutama Persebaya yang menjadi tuan rumah di laga akbar ini.

Namun, alih-alih menunjukkan tajinya sebagai tuan rumah, gawang Persebaya malah kebobolan di awal laga. Witan Sulaeman berhasil membawa Persija Jakarta unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan enam menit.

Dengan memanfaatkan umpan Firza Andika, Witan secara mengejutkan sukses menjebol gawang tuan rumah di awal laga. GOL!

Persebaya Surabaya Mati-matian Berusaha Mengejar

Tak terima dibobol tim tamu di awal laga, Persebaya langsung tunjukkan permainan menyerang dan berusaha mencetak gol balasan. Tim asuhan Aji Santoso itu sempat mendapat beberapa peluang emas, tetapi tak satupun yang membuahkan hasil.

Namun, tim tuan rumah kesulitan membongkar lini pertahanan Persija hingga upaya menyerang yang dilakukan Paulo Victor dan kawan-kawan tak ada yang membuahkan hasil.

Kedua tim terus lakukan jual-beli serangan di sepanjang babak pertama laga, tapi tak ada ancaman yang membuahkan gol tambahan hingga laga di babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Persija Jakarta Nyaris Gandakan Kemenangan

Di awal babak kedua, para pemain Persebaya tampak bermain lebih menekan. Witan Sulaeman nyaris mencetak brace di menit 54, tapi tendangan kencangnya berhasil ditepis Ernando Ari menjauh dari gawangnya.

Hal serupa dialami Ginanjar Wahyu yang bermain untuk Persija sebagai pemain pengganti. Pemain muda ini juga memiliki peluang emas yang harusnya bisa menambah koleksi gol Persija di menit 73. Namun, tendangan kencangnya hanya melebar dari tiang gawang Persebaya. GAGAL!

Bonek terus menyemangati skuad Persebaya untuk bermain lebih gigih dan Рsetidaknya, mencetak gol balasan. Muhammad Iqbal berusaha menyarangkan bola dari luar kotak penalti. Namun bola kembali melebar.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Ernando Ari; Arizky Wahyu Satria, Leo Lelis, Arif Catur Pamungkas, Altalariq Ballah; Alwi Slamat, Muhammad Hidayat; Muhammad Supriadi, Brylian Aldama, Ahmad Nufiandani; Paulo Victor.

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardiyasa; Firza Andika, Hansamu Yama Pranata, Ondrej Kudela, Rio Fahmi; Hanif Sjahbandi, Resky Fandi Witriawan, Syahrian Abimanyu; Donny Tri Pamungkas, Aji Kusuma, Witan Sulaeman.