Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar: Dua Pemain Asal Jepang Bawa Kedua Tim Berbagi Poin

Gila Bola – Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar di pekan pertama Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno – Senayan, Senin (3/7) malam, ditutup dengan skor 1-1.

Tampil di kandang sendiri – yang dipenuhi ribuan Jakmania, secara mengejutkan Persija malah tertinggal lebih dulu dari tamunya, PSM Makassar.

Skuad Thomas Doll bahkan tampak kesulitan dalam mengejar ketertinggalan mereka, karena berkali-kali para pemain PSM berhasil menggagalkan upaya tuan rumah mencetak gol balasan.

Hasilnya, PSM Рlewat gol tandukan Kenzo Nambu di menit ke-12, memimpin hingga 10 menit terakhir.  Adalah pemain asal Jepang lainnya, Ryo Matsumura, yang berhasil membawa Persija samakan kedudukan di menit 81 lewat tendangan jarak jauhnya.

Di sisa pertandingan, baik Persija maupun PSM sama-sama gagal mencetak gol penentu kemenangan. Kedua tim pun harus puas berbagi poin di laga perdana ini, yang membuat Persija membuka musim di posisi 11 dan PSM bertengger di urutan ke-9.

Persija Lebih Unggul di Babak Pertama Tapi Tak Mampu Menahan Tandukan Kenzo Nambu

Kedua tim sama-sama tampil menekan sejak kickoff. Namun Persija tampak grogi mainkan laga perdananya – yang digelar di GBK yang penuh dengan Jakmania, hingga kesulitan membongkar pertahanan PSM.

Meski demikian skuad Thomas Doll tercatat lebih menguasai jalannya laga dibandingkan PSM (53:47), mereka juga memiliki setidaknya dua peluang emas yang harusnya bisa membawa mereka memimpin atas tim tamu.

Sementara PSM bekerja sekuat tenaga untuk menghentikan laju para pemain Persija, di antaranya dengan lakukan pelanggaran.

PSM akhirnya berhasil memimpin lebih dulu saat mereka mendapat peluang tendangan bebas  dari sisi sayap area penalti Persija.

Kenzo Nambu berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah ia berhasil menanduk umpan tendangan bebas Ananda Raehan dan masuk gawang Persija! GOL! PSM memimpin 1-0 di menit ke-12.

Persija Punya Banyak Peluang di Akhir Babak Pertama

Witan punya dua peluang yang harusnya bisa membuat Persija setidaknya menyamai kedudukan di pertengahan babak pertama, tapi Witan gagal memanfaatkan peluang empuk yang ditujukan kepadanya.

Persija mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan dari posisi set-piece di menit 43, setelah Yance Sayuri melanggar Witan di depan area penalti.

Namun, eksekusi tendangan bebas yang dilancarkan Firza Andhika dan mengarah langsung ke gawang PSM gagal membuahkan hasil. Begitu juga saat sepak pojok dilakukan Witan, umpan yang kembali coba dimanfaatkan Firza pun belum berhasil membawa Persija menyamakan kedudukan.

Mati-matian Mencetak Gol Balasan, Ryo Matsumura Akhirnya Selamatkan Persija

Di babak kedua, Persija mati-matian berusaha mengejar ketertinggalan mereka, meskipun mereka tetap kesulitan membongkar ketatnya permainan tim tamu. Berkali-kali upaya mencetak gol dan umpan yang tercipta gagal diselesaikan tim Macan Kemayoran hingga 10 menit terakhir.

Namun, Ryo Matsumura sukses membayar lelahnya perjuangan tim tuan rumah untuk menjebol gawang lawan.

GOL!! Tendangan jarak jauh Ryo Matsumura akhirnya berhasil membuat Persija Jakarta samakan kedudukan di menit 81. 1-1 Untuk Persija!

Susunan Pemain

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Ferrari, Rizky Ridho, Hansamu Yama; Rio Fahmi, Witriawan, Hanif Sjahbandi, Firza Andika; Ryo Matsumura, Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak.

PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya Pratama; Safruddin Tahar, Akbar Tanjung, Yuran, Erwin Gutawa; Ananda Raehan, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu; Yance Sayuri, Everton, Yakob Sayuri.