Agen Michael Olise Dikenai Sanksi Asosiasi Sepak Bola Inggris!

Agen dari pemain sayap Crystal Palace, Michael Olise, dijatuhi hukuman larangan selama enam bulan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) setelah penyelidikan atas kesepakatan kontrak dengan mantan klub sang pemain, Reading, pada tahun 2019.

Glen Tweneboah, yang merupakan perantara resmi yang masih bertindak atas nama Olise, didakwa melakukan pelanggaran setelah diketahui dia melanggar peraturan agen FA ketika sang penyerang sayap menandatangani kontrak profesional berdurasi tiga tahun dengan Reading pada musim panas 2019.

Tweneboah membuat kesepakatan yang akan memberinya potongan 10 persen dari biaya transfer Olise di masa depan, yang dilarang oleh peraturan FA. Hanya klub dan pemain, bukan agen, yang dapat memperoleh keuntungan dari kesepakatan semacam itu. Tidak ada pembayaran yang pernah dilakukan.

Larangan enam bulan untuk Tweneboah akan mulai berlaku pada 4 Oktober dan dia juga didenda £15.000.

Investigasi FA juga berujung pada dakwaan terhadap Reading FC, mantan kepala eksekutif klub Nigel Howe, manajer akademi Michael Gilkes, dan sekretaris klub Sue Hewett.

Komisi independen memutuskan semua dakwaan terbukti dan mendenda Reading sebesar £200.000. Nigel Howe didenda £5.000 dan diskors selama 12 bulan.

Howe, yang sebelumnya pernah bertugas di dewan EFL, telah bekerja atas nama Reading dalam beberapa bulan terakhir untuk membantu memfasilitasi pengambilalihan klub Liga Satu itu dan sebelumnya berharap pemilik baru akan menggantikan ketua klub saat ini, Dai Yongge, pada pertengahan Mei.

Sementara itu, Hewett dan Gilkes masing-masing telah diperingatkan tentang perilaku mereka di masa depan.

Tweneboah adalah agen lama Olise dan yang menangani kesepakatan transfer sang pemain sayap ke Crystal Palace seharga £8 juta pada tahun 2021. Pada Agustus lalu, Tweneboah juga terlibat dalam penandatanganan kontrak baru berdurasi empat tahun untuk Olise.

Olise, 22 tahun, menarik minat dari klub-klub Liga Premier menjelang pembukaan jendela transfer musim panas dan Tweneboah, yang gagal membatalkan skorsingnya, masih bebas untuk menegosiasikan kesepakatan apa pun sebelum larangannya mulai berlaku pada 4 Oktober.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!