Brighton Bangkit Dari Kekalahan, Menang Tiga Gol Atas The Magpies

Gila Bola – Usai kekalahan memalukan di tangan West Ham, yang tidak seharusnya terjadi, Brighton bangkit kembali dengan tiga poin pada laga Liga Inggris yang usai Minggu dinihari (3/9). Siapa korbannya kali ini? Newcastle United!

Ketiga gol the Seagulls dicetak oleh penyerang muda 18 tahun asal Republik Irlandia, Evan Ferguson, masing-masing pada menit 27, menit 65 dan akhirnya menit 70.

Evan Ferguson dengan demikian menjadi pemain Premier League ketiga yang mencetak hattrick malam ini setelah Erling Haaland dan Son Heung-min.

Brighton dengan kemenangan ini kembali ke posisi empat besar dengan koleksi 9 poin, hasil dari tiga kemenangan dan satu kekalahan.

Brighton Bangkit Setelah Dihajar The Hammers

Skuad Roberto De Zerbi ini disebut-sebut sebagai tim kejutan musim lalu dan semua pihak mewaspadainya musim baru 2023/24 ini. Namun mereka tampil mengecewakan setelah dihabisi oleh West Ham 1-3 terakhir kali di kandangnya sendiri di Amex Stadium.

Namun kemenangan atas Newcastle United pada hari Minggu ini terasa lebih mengejutkan lagi setelah tim asuhan Eddie Howe itu menduduki posisi keempat klasemen akhir Liga Inggris dan lolos ke Liga Champions untuk musim yang baru.

Sekedar perbandingan, si Burung Camar ini menduduki urutan enam klasemen akhir Premier League musim lalu, satu posisi namun lima poin di bawah Liverpool pada ranking kelima.

Callum Wilson mampu membalaskan satu gol pada menit 92 ke gawang Bart Verbruggen, kiper 21 tahun asal Belanda yang diistirahatkan untuk dua laga pertama dan kebobolan tiga gol the Hammers sebelum malam ini. Skor akhir 3-1!

Si Burung Camar Mematuk Newcastle United

Tidak ada ampun bagi tim tamu. Anak asuhan Roberto De Zerbi itu tampil sangat kuat dan mencegah the Magpies membahayakan gawang mereka. Perbandingan penguasaan bola kurang lebih seimbang untuk 90 menit, tapi tidak demikian dengan data permainan lainnya.

Ada 15 percobaan gol oleh skuad Lewis Dunk dan rekan-rekannya selaku tuan rumah, berbanding sembilan kali oleh tim tamu. Serangan tepat sasaran? Enam kali oleh the Seagulls berbanding, tahu berapa? Dua saja oleh Newcastle, tiga menit jelang akhir waktu normal dan satu kali oleh Callum Wilson yang berujung gol menit kedua injury time.

Bukan berarti stopper the Magpies Nick Pope tampil buruk. Ia melakukan setidaknya tiga kali penyelamatan yang mencegah gawangnya kebobolan lebih banyak gol.

Ini sekaligus merupakan pembalasan dendam Brighton terhadap Newcastle untuk kekalahan 1-2 di laga persahabatan kedua tim pada Juli 2023, selain kekalahan telak 4-1 pada pertengahan Mei 2023 jelang akhir musim kemarin, serta kekalahan 2-1 pada Maret 2022.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!