Chelsea Akan Kembali Kunci Pergerakan Playmaker The Citizen Dinihari Nanti

Gila Bola –┬áChelsea bersiap menghadapi Manchester City dalam pertandingan hari Minggu dinihari nanti dengan harapan meraih kemenangan kedua dalam empat lawatan terakhir mereka ke Etihad Stadium di ajang Liga Premier.

Meskipun telah memetik kemenangan tandang yang mengesankan secara beruntun, Chelsea akan menghadapi ujian berat dengan bertemu dua tim papan atas Liga Inggris dalam waktu delapan hari, di mana Liverpool, sang pemuncak klasemen, akan menjadi lawan mereka di final Piala Carabao di Wembley akhir pekan mendatang.

Update Terbaru Kedua Tim

Manchester City baru saja kembali dari kompetisi Eropa tengah pekan ini dan berhasil memperpanjang rentetan kemenangan mereka menjadi 11 pertandingan di semua kompetisi setelah mengalahkan Copenhagen dengan skor 3-1 di babak 16 besar Liga Champions.

Juara bertahan tersebut akan kembali bertanding pada hari Selasa untuk melawan Brentford dalam pertandingan liga domestik yang dijadwal ulang.

Lebih dari seperempat dari total gol tandang yang dicetak oleh tim asuhan Pep Guardiola datang dalam pertandingan epik dengan delapan gol di markas Chelsea di Stamford Bridge pada bulan November lalu.

Chelsea unggul satu gol lebih dulu, namun City berhasil menyamakan skor tiga kali, termasuk gol penyama kedudukan melalui penalti dari Cole Palmer di menit-menit akhir, yang notabene merupakan mantan pemain Chelsea.

Pertandingan ini akan menjadi yang ke-150 antara Chelsea dan Manchester City dalam kompetisi kasta tertinggi. Dari 149 pertemuan sebelumnya, Chelsea berhasil meraih 59 kemenangan.

Sementara itu, tim Chelsea sendiri telah mencatatkan tujuh kemenangan dari 11 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Meskipun demikian, konsistensi dalam penampilan masih menjadi tantangan bagi mereka.

Dalam pertandingan terakhir mereka di Selhurst Park, meskipun memiliki penguasaan bola sedikit lebih rendah (75% dibandingkan dengan 78% sebelum jeda istirahat), Chelsea mampu menciptakan sebanyak 11 peluang gol, sementara tidak ada peluang yang tercipta di babak pertama. Mereka berhasil meraih enam tendangan sudut dan mencetak tiga gol dalam kemenangan 3-1.

Dampak Dari Perubahan Taktik Chelsea

Penyesuaian taktis yang dilakukan oleh manajer Mauricio Pochettino terbukti berhasil. Dia melakukan perubahan formasi dengan memasukkan dua penyerang, Nicolas Jackson dan pemain pengganti paruh waktu Christopher Nkunku, untuk bermain di antara bek tengah dan bek sayap lawan.

Hal ini membantu untuk menekan lini pertahanan lawan dan menciptakan ruang bagi pemain sayap seperti Ben Chilwell dan Malo Gusto, sementara Cole Palmer dan Conor Gallagher berperan sebagai pengalih perhatian di antara garis pertahanan lawan. Enzo Fernandez juga turut berkontribusi sebagai gelandang serang.

Rodri Jadi Ancaman Utama

Tantangan utama bagi Chelsea dalam pertandingan melawan City adalah bagaimana mereka dapat melewati atau mengepung Rodri, pemain kunci di lini tengah City yang berperan sebagai playmaker dan penghancur serangan lawan.

Di pertemuan sebelumnya, Chelsea berhasil menekan Rodri sehingga mencetak gol, namun mereka juga terkena serangan balik cepat yang memanfaatkan celah-celah pertahanan mereka.

Mencetak gol lebih dulu dalam pertandingan melawan City menjadi kunci, mengingat dalam tujuh pertemuan terakhir di Liga Premier, setiap kali City kalah, lawan mereka selalu mencetak gol lebih dulu.

Jika berhasil, gol penalti yang akan dicetak oleh Chelsea dalam pertandingan ini akan menjadi yang ke-150 dalam sejarah mereka di Liga Premier.

Penalti penyama kedudukan yang dicetak oleh Palmer dalam pertandingan imbang 4-4 musim ini merupakan gol penalti ke-146 bagi Chelsea.

Hal yang menarik, Palmer yang baru berusia 21 tahun berhasil mencetak gol sebanyak yang dicetak oleh Kevin De Bruyne dalam sepertiga jumlah pertandingan.

Cedera Pemain Chelsea

Chelsea masih harus menghadapi beberapa kendala, terutama dalam hal cedera pemain. Pemain berpengalaman seperti Thiago Silva masih absen karena cedera otot paha, namun kabar baiknya adalah Levi Colwill dan Malo Gusto sudah pulih dan siap bermain setelah absen dalam pertandingan terakhir.

Selain itu, kiper Robert Sanchez juga sudah siap tampil untuk pertama kalinya di tahun 2024. Jackson juga hanya terpaut satu kartu kuning lagi dari sanksi larangan bermain selama dua pertandingan.

Kontribusi Gol Pemain Chelsea di Kompetisi Musim 2023/24

PemainGolAssistTotal
Cole Palmer12921
Raheem Sterling7512
Nicolas Jackson9211
Conor Gallagher369
Enzo Fernandez707
Mykhailo Mudryk426
Malo Gusto066
Noni Madueke415
Thiago Silva303
Axel Disasi202
Christopher Nkunku202
Benoit Badiashile112
Carney Chukwuemeka112
Levi Colwill112
Moises Caicedo011
Ben Chilwell011
Reece James011
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!