Dapatkan Onana, Erik ten Hag Perlahan Bentuk Manchester United Impiannya

Gila BolaManchester United sesuai keinginan Erik ten Hag! Secara perlahan pelatih Belanda itu mendapatkan apa yang diinginkannya usai semakin dekatnya transfer Andre Onana dari Inter ke Old Trafford.

Apa kelebihan Onana dibandingkan David De Gea? Kemampuan oleh bola dengan kakinya yang mirip para pemain outfield umumnya, dan terlihat rileks saat ditekan lawan. Anda bisa melihat cuplikan-cuplikan adegan saat ia berbelok, melakukan Cruyff Turn atau Kecohan Cruyff guna menghindari bola di kakinya coba dicuri lawan.

Kedatangan Onana, setelah sebelumnya Mason Mount datang dari Chelsea, semakin melengkapi apa yang diinginkan oleh Erik ten Hag soal membangun serangan secara perlahan dari arah belakang dengan kiper berubah menjadi salah satu pemain belakang.

Perbandingan Andre Onana dengan Kiper Kelas Dunia Lainnya

Anda bisa melihat komparasi bekas kiper Inter itu dengan sejumlah kiper kelas dunia lainnya. Apa yang segara terlihat adalah jumlah penyelamatan per 90 menit sang kiper Kamerun mendekati kiper Manchester United sebelumnya, David De Gea, dan tidak berbeda jauh daripada apa yang dilakukan Thibaut Courtois di Real Madrid.

Onana mencatatkan 2,6 penyelamatan per 90 menit, sedikit di bawah De Gea (2,7) dan tidak terpaut jauh dari Courtois (2,9). Terasa jauh bedanya dibandingkan dengan Ederson (1,4 penyelamatan per 90) di Manchester City maupun Mike Maignan (2 per 90) di AC Milan.

Demikian juga kemampuan Onana dalam hal menghadapi jumlah serangan dari luar kotak, serta jumlah penyelamatan dari luar kotak, mendekati angka yang dicatatkan oleh Courtouis.

Secara data, yang dilakukan Onana lebih baik daripada Ederson dan Maignan. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas pemain belakang City dan Milan dalam menyaring pemain lawan masuk ke dalam kotak.

Manchester United Kedatangan 3 Pemain Pinjaman

Tiga pemain pulang dengan pengalaman di klubnya masing-masing. Bek kiri Alex Telles adalah yang paling mengesankan karena pemain 30 tahun asal Brasil tersebut membawa pulang trofi Liga Europa saat melakoni satu musim bersama Sevilla.

Bek tengah Eric Bailly yang sudah mencapai 29 tahun baru pulang dari Marseille usai satu musim peminjaman, namun tanpa trofi apa pun. Demikian juga Matej Kovar yang berumur 23 tahun baru saja pulang dari Sparta Praga, nihil trofi.

Setan Merah Melepas 4 Pemain, Pulangkan 3 Pinjaman

Mereka adalah antara lain kiper David De Gea dan dua bek tengah Axel Tuanzebe dan Phil Jones. Ketiganya dilepas secara gratis. Namun ada terselip nama Zidane Iqbal yang ditransfer ke FC Utrecht dengan harga 1 juta Euro.

Selain mereka, klub merah di bawah arahan Erik ten Hag itu juga memulangkan tiga pemain pinjaman, yakni Marcel Sabitzer ke Bayern Munchen, kemudian Wout Weghorst ke Burnley dan terakhir kiper Jack Butland ke Crystal Palace.

Sebelumnya, ramai dikabarkan bahwa Setan Merah akan membuat permanen kepindahan Sabitzer ke Old Trafford, namun rumor itu terbukti tidak benar.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!