Declan Rice ke Arsenal, Kedua dari 10 Transfer Termahal Dalam Sejarah Premier League

Gila Bola – Setelah lama ditunggu-tunggu, Arsenal akhirnya secara resmi mengumumkan perekrutan Declan Rice dari West Ham United dalam transfer yang memecahkan rekor klub dan Premier League.

Menurut berita yang diungkap Fabrizio Romano bahwa The Gunners akan membayar mahar mencapai 100 Juta Pounds, sekitar Rp 1,96 Trilyun, plus bonus senilai 5 Juta Pounds, sekitar Rp 98 Milyar, kepada The Hammers untuk transfer gelandang bertahan tersebut.

Total paket transfer itu membuat Declan Rice tidak hanya menjadi pembelian termahal Arsenal, mengalahkan transfer Nicolas Pepe senilai sekitar Rp 1,4 Trilyun, juga membuatnya memecahkan rekor transfer pemain Inggris di Premier League.

Secara keseluruhan, transfer gelandang berusia 24 tahun itu menempati posisi kedua dari 10 pembelian termahal dalam sejarah klub Premier League, hanya kalah dari Enzo Fernandez yang dibeli Chelsea dari Benfica senilai 106,8 Juta Pounds (Rp 2,1 Trilyun).

Transfer Declan Rice senilai 105 Juta Pounds (Rp 2,06 Trilyun) sekarang mengambil alih rekor transfer termahal pemain Inggris di Premier League yang sebelumnya dipegang Jack Grealish ketika ditebus Manchester City dari Aston Villa senilai 100 Juta Pounds (Rp 1,96 Trilyun).

Di peringkat keempat ada Romelu Lukaku yang ditebus Chelsea di era Thomas Tuchel dalam kesepakatan transfer senilai 96 Juta Pounds (Rp 1,89 Trilyun) setelah striker itu mencetak 64 gol dalam 95 penampilan untuk Inter Milan selama dua musim.

Kepulangan Paul Pogba ke Manchester United dari Juventus pada musim panas 2018 menjadi pembelian termahal kelima di Premier League senilai 89 Juta Pounds (Rp 1,75 Trilyun).

Kemudian ada transfer Mykhaylo Mudryk yang baru ditebus Chelsea pada jendela transfer Januari lalu dari Shakhtar Donetsk dalam kesepakatan transfer senilai 88,5 Juta Pounds (Rp 1,74 Trilyun).

Kemudian untuk urutan ketujuh hingga kesembilan semua adalah pembelian oleh Manchester United yaitu Antony (81,3 Juta Pounds, Rp 1,6 Trilyun), Harry Maguire (80 Juta Pounds, Rp 1,57 Trilyun), dan Romelu Lukaku (75 Juta Pounds, Rp 1,47 Trilyun).

Nama terakhir dalam daftar pembelian termahal dalam sejarah Premier League adalah Virgil van Dijk, yang ditebus Liverpool dari Southampton dalam kesepakatan transfer senilai 75 Juta Pounds, sekitar Rp 1,47 Trilyun.

Sayangnya bahwa sejauh ini, hampir semua pembelian termahal di atas terbukti menjadi pembelian yang gagal, dengan hanya Virgil van Dijk yang bisa dibilang benar-benar sukses. Apakah Declan Rice akan menjadi pembelian mahal berikutnya yang akan terbukti flop?

Daftar 10 transfer termahal dalam sejarah Premier League :

  1. Enzo Fernández (Benfica ke Chelsea), £106.8 Juta
  2. Declan Rice (West Ham United ke Arsenal), £105 Juta
  3. Jack Grealish (Aston Villa ke Manchester City), £100 Juta
  4. Romelu Lukaku (Inter ke Chelsea), £96 Juta
  5. Paul Pogba (Juventus ke Manchester United), £89 Juta
  6. Mykhailo Mudryk (Shakhtar Donetsk ke Chelsea), £88.5 Juta
  7. Antony (Ajax ke Manchester United), £81.3 Juta
  8. Harry Maguire (Leicester City ke Manchester United), £80 Juta
  9. Romelu Lukaku (Chelsea ke Manchester United), £75 Juta
  10. Virgil van Dijk (Southampton ke Liverpool), £75 Juta
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!