Gelandang Manchester City, Rodri Kejar Rekor Baru di Derby Manchester

Gila BolaGelandang bertahan Manchester City, Rodri, berpeluang untuk mencatatkan sejarah baru saat laga Derby Manchester melawan Manchester United.

Rodri, gelandang Manchester City, bertekad untuk mencatat sejarah baru dalam dunia sepak bola Inggris saat timnya bersiap menghadapi rival sekotanya, Manchester United, dalam pertarungan derby pada hari Minggu di Liga Premier.

Gelandang berusia 27 tahun itu telah menjadi bagian integral dari skuad yang dikomandoi oleh Pep Guardiola selama hampir lima tahun di Etihad Stadium dan telah mengumpulkan total 10 trofi bersama Citizens.

Performa Rodri di Manchester City

Rodri tercatat sebagai pencetak gol penentu melawan Inter Milan dalam kemenangan Man City untuk merebut gelar Liga Champions mereka musim lalu. Prestasi ini melengkapi capaian treble historis setelah sebelumnya meraih gelar Liga Premier untuk ketiga kalinya secara beruntun dan Piala FA.

Sebagai pemain lini tengah asal Spanyol, Rodri telah memberikan kontribusi signifikan musim ini dengan mencetak tujuh gol dan memberikan tujuh assist dalam 33 penampilan di berbagai kompetisi. Gol terbarunya menjadi penentu hasil imbang 1-1 ketika melawan Chelsea dua minggu lalu.

Penting untuk dicatat bahwa sudah 13 bulan berlalu sejak kekalahan terakhir Man City saat Rodri berada di starting lineup mereka. Kekalahan itu terjadi dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur dengan skor tipis 1-0 pada 5 Februari tahun lalu.

Sejak saat itu, Rodri telah membukukan rekor tak terkalahkan dalam 58 pertandingan di semua kompetisi. Kemenangan 1-0 Man City atas Bournemouth akhir pekan lalu membuatnya menyamai rekor yang sebelumnya dipegang oleh mantan bek Chelsea, Ricardo Carvalho.

Statistik Rodri di Manchester City

KompetisiBermainGolAssist
Liga Inggris2364
Piala FA1
Liga Champions512
UEFA Super Cup11
Piala Dunia Antarklub2
Community Shield1

Peluang Rekor Baru Rodri di Derby Manchester

Rodri pemain Manchester City bisa pecahkan rekor baru

Jika Man City mampu menghindari kekalahan dalam derby Manchester ke-192 pada hari Minggu, Rodri akan mencatatkan rekor baru dalam sejarah sepak bola Inggris sebagai pemain dengan streak tak terkalahkan terpanjang sepanjang masa di semua kompetisi.

Rodri memiliki persentase kemenangan mencapai 80% selama rekor tak terkalahkan 58 pertandingannya, dengan rincian 44 kemenangan dan 11 kali imbang.

Selama periode yang sama, Man City telah memainkan 10 pertandingan tanpa kehadiran Rodri di starting lineup mereka, dengan lima kemenangan dan lima kekalahan.

Sejak bergabung dengan Citizens pada Agustus 2019, tim Guardiola telah bermain 16 pertandingan Liga Premier tanpa kehadiran Rodri dan mengalami enam kekalahan, termasuk tiga kekalahan musim ini saat Rodri menjalani dua suspensi terpisah.

Pentingnya peran Rodri baru-baru ini ditekankan oleh Guardiola, yang menyebut rekannya asal Spanyol tersebut sebagai ‘gelandang terbaik di dunia jauh di depan’ setelah hasil imbang 1-1 melawan Chelsea.

“Dia adalah pemain luar biasa. Saat ini, dia adalah gelandang terbaik di dunia,” kata Guardiola kepada para wartawan. “Karena dia mampu melakukan segalanya.

“Kecepatan yang dimilikinya, terutama karakternya saat situasinya sulit, dia maju ke kotak penalti, mundur, kemampuan untuk bermain pendek dan panjang. Dia selalu siap.

“Perekrutan yang luar biasa. Manchester City merekrut pemain yang sulit kita pahami apa yang telah kita lakukan dalam beberapa tahun terakhir tanpa dia. Itu akan sulit.”

“Dia dihargai,” tambah Guardiola. “Saya akan mengatakan bahwa gelandang bertahan tidak dihargai seperti penyerang, nomor 10, itu bagus.

“Jadi ketika seorang gelandang bertahan mendapat banyak penghargaan, itu tidak bagus. Gelandang bertahan harus bermain untuk tim… untuk dia dan untuk tim. Mereka membuat tim bermain.

“Inilah peran gelandang bertahan. Semua sorotan harus untuk para pemain depan yang mencetak gol dan membuat assist dan sebagainya. Tetapi Rodri selalu memiliki kemampuan di momen-momen penting untuk mencetak gol.”

Rodri memiliki catatan campuran dalam pertandingan melawan Man United, dengan enam kemenangan, satu imbang, dan lima kekalahan dari 12 pertemuan sebelumnya di semua turnamen. Namun, dia berada dalam skuad Man City yang menang telak 3-0 di Old Trafford pada awal musim ini.

Man City saat ini menempati posisi kedua dalam klasemen Liga Premier dan berpotensi berada empat poin di belakang pemuncak klasemen, Liverpool, sebelum bertanding melawan Man United pada hari Minggu, asalkan tim Jurgen Klopp mengalahkan Nottingham Forest pada hari Sabtu.

Klasemen Premier League

#TeamMPWDLP
1Manchester City32227373
2Arsenal32225571
3Liverpool32218371
4Aston Villa33196863
5Tottenham Hotspur32186860
6Newcastle United321551250
7Manchester United321551250
8West Ham United331391148
9Chelsea311381047
10Brighton & Hov…3211111044
advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!