Jadwal Neraka di Bulan Maret Bisa Ubah Peta Persaingan Gelar Juara Premier League

Gila Bola –┬áBulan Maret telah tiba, dan itu menandai awal dari periode yang sulit bagi tim-tim papan atas yang bersaing untuk gelar juara dalam Premier League!

Tidak hanya jadwal pertandingan domestik yang menumpuk bagi Liverpool, Manchester City, dan Arsenal, tetapi mereka juga harus menghadapi tantangan dari kompetisi Eropa seperti Liga Champions, Liga Europa, dan piala domestik FA Cup. Ini tentu saja menambah beban yang besar bagi setiap tim setiap minggunya!

Mari kita teliti jadwal yang menantang bagi ketiga tim teratas dalam klasemen Liga Inggris ini selama bulan Maret, dan kita akan melihat siapa yang dihadapkan pada jadwal yang paling menakutkan!

Jadwal Manchester City, Maret 2024

03/03Manchester City vs Manchester United(Liga Inggris)
07/03Manchester City vs Copenhagen(Liga Champions)
10/03Liverpool vs Manchester City(Liga Inggris)
16/03Manchester City vs Newcastle United(Piala FA)
(Ditunda)Brighton vs Manchester City(Liga Inggris)
31/03Manchester City vs Arsenal(Liga Inggris)

Bulan Maret menjadi waktu yang penuh tantangan bagi Manchester City, dengan berbagai pertandingan berat menanti The Sky Blues sepanjang bulan ini!

Performa Manchester City sedang berada pada puncaknya dalam beberapa pertandingan terakhir. Pasukan Pep Guardiola belum terkalahkan dalam 18 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi, meraih 16 kemenangan dan 2 kali imbang.

Ujian pertama menghadang di awal bulan Maret, dengan Erling Haaland dan timnya bersiap untuk Derby Manchester melawan Manchester United.

Pertarungan antara Man City dan Man United dijadwalkan pada malam Minggu tanggal 3 Maret dan akan diselenggarakan di Etihad Stadium.

Meskipun Man City diunggulkan dalam Derby Manchester, namun rivalitas dengan Setan Merah tetap menjadi faktor yang tak bisa diabaikan, mengingat pentingnya gengsi antar tim kota.

Setelah menghadapi Copenhagen dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada tanggal 7 Maret, Manchester City akan menjamu rival utamanya, Liverpool, di Anfield pada 10 Maret.

Pertandingan ini dianggap sebagai penentuan gelar juara Liga Inggris 2023/2024, dengan kedua tim hanya terpaut satu angka di puncak klasemen, dimana Liverpool unggul atas Man City.

Sepekan berikutnya, Man City akan bertanding melawan Newcastle United di perempatfinal Piala FA. Dan untuk pertandingan terakhir bulan Maret, mereka akan menghadapi Arsenal di Etihad Stadium pada tanggal 31 Maret.

Arsenal masih memiliki peluang untuk meraih gelar Premier League karena menempati posisi ketiga klasemen, hanya terpaut satu angka dari Man City di atas mereka.

Secara keseluruhan, terdapat 3 pertandingan penting dan menantang di Premier League yang harus dihadapi oleh Manchester City sepanjang bulan Maret 2024.

Jadwal Arsenal, Maret 2024

05/03Sheffield United vs Arsenal(Liga Inggris)
10/03Arsenal vs Brentford(Liga Inggris)
13/03Arsenal vs Porto(Liga Champions)
(Ditunda)Arsenal vs Chelsea(Liga Inggris)
31/03Manchester City vs Arsenal(Liga Inggris)

Jadwal Arsenal pada bulan Maret menjanjikan tantangan yang tidak kalah menarik. Arsenal kembali memenangkan pertandingan dengan percaya diri dalam ajang Liga Inggris melawan Newcastle United.

Di sisi lain, dalam ajang Liga Champions, The Gunners mengalami kekalahan dalam leg pertama babak 16 besar dari Porto dengan gol telat pada waktu tambahan, disertai dengan kurangnya ketajaman serangan yang ditunjukkan oleh skuad Mikel Arteta dengan kegagalan mencetak tembakan yang tepat sasaran.

Kehilangan ketajaman serangan Arsenal ini cukup mengejutkan mengingat sebelumnya mereka telah mencetak 21 gol dalam lima pertandingan sebelum perjalanan ke Portugal. Namun, mereka berhasil memperbaiki performa mereka di depan gawang dengan mencetak empat gol di Stadion Emirates akhir pekan sebelumnya saat berhadapan dengan The Magpies.

Saat ini, skuad asuhan Mikel Arteta tidak lagi terlibat dalam kompetisi Piala FA, hanya fokus pada dua front, yakni Liga Inggris dan Liga Champions. Bulan Maret berpotensi menjadi penentu keterlibatan mereka dalam kedua persaingan tersebut.

Selanjutnya, mereka akan menghadapi Sheffield United di luar kandang sebelum menjadi tuan rumah bagi Brentford. Pertandingan leg kedua Liga Champions melawan Porto dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12 Maret, dengan Arsenal berusaha untuk membalikkan kekalahan 1-0 dari leg pertama.

Pertandingan Arsenal melawan Chelsea, yang seharusnya digelar pada tanggal 16 Maret, harus dijadwal ulang karena Chelsea terlibat dalam pertandingan Piala FA. Hal ini berarti Arsenal memiliki waktu istirahat panjang sebelum menghadapi Manchester City setelah jeda internasional pada tanggal 31 Maret, dengan Luton menjadi tamu di Stadion Emirates pada awal April.

Arsenal masih berada dalam persaingan untuk merebut gelar juara Liga Inggris, dan jika mereka dapat mempertahankan performa mereka serta menghadapi jadwal yang lebih menguntungkan dibandingkan tiga pesaing juara lainnya di bulan Maret, maka Arsenal memiliki peluang untuk menaklukkan Liverpool maupun Manchester City dalam bulan ini. Namun, tentu saja hasil pertandingan melawan para rival akan menjadi penentu utama.

Jadwal Liverpool, Maret 2024

02/03Nottingham Forest vs Liverpool(Liga Inggris)
08/03Sparta Prague vs Liverpool(Liga Europa)
10/03Liverpool vs Manchester City(Liga Inggris)
(Ditunda)Everton vs Liverpool(Liga Inggris)
15/03Liverpool vs Sparta Prague(Liga Europa)
(TBD)Manchester United vs Liverpool(Piala FA)
31/03Liverpool vs Brighton(Liga Inggris)

Liverpool berhasil maju ke perempat final Piala FA setelah mengungguli Southampton di Anfield. Meskipun daftar pemain yang cedera semakin bertambah, tim yang ditangani oleh Jurgen Klopp mampu mengalahkan lawan dengan mempercayakan pemain-pemain muda mereka, sehingga tetap menjaga peluang untuk meraih empat gelar musim ini.

Kemenangan ini tentu menambah padatnya jadwal pertandingan The Reds. Mereka tidak hanya akan bermain lebih banyak dalam jadwal Liga Inggris yang sudah padat, tetapi juga harus menyusun ulang jadwal untuk pertandingan Liga Europa di bulan Maret. Sebagai contoh, pertandingan melawan Everton dalam derby Merseyside pada pertengahan Minggu harus dipindahkan karena bertepatan dengan babak perempat final Piala FA melawan Manchester United di akhir pekan yang sama.

Apabila Liverpool berhasil melalui babak 16 besar Liga Europa menghadapi Sparta Prague, pertandingan melawan Everton kemungkinan baru bisa dilangsungkan pada minggu ke-22 April. Ini berarti bahwa tim Liverpool mungkin akan menghadapi dua pertandingan dalam seminggu untuk sisa musim jika mereka mencapai babak final Liga Europa.

Namun, fokus saat ini adalah pada pertandingan akhir pekan ini, ketika Liverpool akan melawan Nottingham Forest di Premier League. Pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Praha akan menyusul beberapa hari kemudian, diikuti oleh pertandingan yang mungkin akan menjadi penentu gelar melawan Manchester City pada 10 Maret.

Pertandingan leg pertama melawan Sparta Prague dijadwalkan pada 15 Maret, sementara pertandingan perempat final Piala FA melawan MU yang seharusnya digelar pada tanggal 16 Maret masih akan diatur ulang jadwalnya. Jeda internasional memberikan kesempatan bagi The Reds untuk istirahat tanpa pertandingan sebelum kembali bertanding di Liga Inggris melawan Brighton pada 31 Maret.