Hanya 2,5 Jam di Puncak Klasemen Liga Inggris, Liverpool Digusur The Skyblues

Gila Bola – Liverpool sempat menguasai puncak klasemen Liga Inggris selama kira-kira 2,5 jam lamanya sebelum Manchester City mengambil alih usai kemenangan 2-1 atas Brighton pada Sabtu malam (21/10). Erling Haaland mencetak satu dari dua gol the Skyblues.

Skuad Jurgen Klopp itu sempat naik ke puncak klasemen usai kemenangan 2-0 atas rival Merseyside mereka, Everton. Namun jumlah total poin 20 masih kurang banyak untuk menghalangi Julian Alvarez dan rekan-rekannya memuncaki Premier League di akhir hari.

Gol pertama tim biru langit dicatatkan Alvarez saat pertandingan di Etihad ini belum lagi memasuki menit ketujuh, sebelum keunggulan City tersebut digandakan sang pemain Norwegia selang 12 menit kemudian.

Ansu Fati Sempat Membuat City Berdebar

Sisa kira-kira 27 menit terakhir pemain pinjaman asal Barca, Ansu Fati, membuat jantung pendukung City berdebar dengan golnya.

Gol itu berawal dari kesalahan bek Manuel Akanji yang membersihkan bola setengah hati, dengan sentuhannya malah membuat si bundar disajikan ke depan Fati dan pemain 20 tahun itu mencetak gol dengan sangat mudahnya.

Tetapi Brighton gagal mendapatkan gol kedua yang bisa menyamakan skor dengan tuan rumah terus menguasai bola sepanjang sisa pertandingan.

Posisi Man City di Klasemen Liga Inggris 

Skuad Pep Guardiola memuncaki klasemen sementara usai sembilan pekan dengan nilai 21, hasil tujuh kemenangan dan dua kekalahan.

Tiga tim mengoleksi 20 poin dan menduduki posisi kedua, ketiga dan keempat dengan Liverpool memiliki selisih gol terbaik, Tottenham urutan ketiga berkat agresifitas gol dan Arsenal posisi keempat.

City memiliki selisih gol +12, lebih baik daripada Liverpool (+11) dan dua tim London Utara tersebut yang sama-sama memiliki +10. Tetapi selisih gol terbaik dipunyai oleh Newcastle United yang tadi malam pada jam yang sama menang 4-0 atas Crystal Palace.

Kemenangan pasukan Eddie Howe itu menyebabkan the Magpies memiliki selisih gol +15, 24 gol memasukkan dan 9 kebobolan, yang sangat mengesankan dari semua tim Liga Inggris meskipun mereka hanya menduduki ranking kelima.

Angka Harapan Gol Man City vs Brighton Rendah

Ini merupakan sebuah pertandingan yang memperebutkan kekuasaan di lapangan tengah. Kedua tim sama-sama rajin menyerang, tetapi juga sama rajinnya untuk mencegah lawan melakukan serangan.

Angka harapan gol atau xG City hanya 0,79, namun berhasil menyarangkan dua gol melalui Julian Alvarez dan Erling Haaland.

Sebaliknya xG Brighton hanya 0,60 dengan Ansu Fati terlihat sangat beruntung mendapatkan assist dari Manuel Akanji yang menjadi satu-satunya gol balasan the Seagulls.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!