Nasib Brighton di Liga Inggris, Cetak Banyak Gol, Eh Kebobolan Banyak Gol Juga

Gila Bola – Brighton bukan lagi tim kejutan. Coba lihat selisih golnya, memasukkan banyak gol, tapi juga kebobolan banyak gol. Jumlah gol kemasukan yang diderita skuad Roberto De Zerbi itu sudah mendekati tim-tim degradasi Liga Inggris.

Tim berjuluk si Burung Camar ini sempat membuat pasukan Jurgen Klopp berdebar setelah Ansu Fati menipiskan skor menjadi 2-1 menjelang akhir pertandingan di Etihad itu pada Sabtu jelang tengah malam (21/10).

Tetapi gol kedua yang ditunggu-tunggu tidak kunjung datang. Brighton dengan demikian menelan kekalahan ketiganya dari sembilan pertandingan awal musim 2023/24 ini.

Brighton Memiliki Selisih Gol Aneh, 22:18

Tim Kaoru Mitoma itu merupakan tim urutan ketujuh klasemen Liga Inggris, tetapi selisih golnya, terutama jumlah gol kebobolan, sudah mendekati apa yang dicatatkan tim-tim degradasi.

Sebanyak 18 gol kemasukan diderita oleh the Seagulls ini, dengan jumlah segitu sudah lebih buruk daripada semua tim lain di Liga Inggris, kecuali tiga tim terbawah klasemen, yakni mereka yang berada di zona degradasi.

Hanya Burnley dengan 7:23, Bournemouth 6:20 dan Sheffield United 6:22 memiliki gol kebobolan yang lebih buruk daripada Brighton (18).

Apa Arti Selisih Gol Brighton yang Hanya +3 Tersebut?

Ini mewakili filosofi permainan Roberto De Zerbi yang mengerahkan nyaris semua pemain mereka ke depan guna mencetak gol dan menyisakan terlalu sedikit pemain untuk menghadapi serangan balik.

De Zerbi lebih suka melihat timnya kebobolan gol daripada gagal menang. Faktanya adalah, sejak awal musim 2023/24 the Seagulls selalu kemasukan gol tim lawan, tidak pernah mencatatkan gawang bersih. Bahkan tidak juga di ajang Liga Europa.

Tetapi di sisi lain, jumlah gol memasukkan Joao Pedro dan rekan-rekannya merupakan salah satu yang terbaik di Liga Inggris.

Jumlah gol memasukkan Brighton (22) berhasil mengungguli produktifitas gol Manchester City (19), Liverpool (20), Tottenham (18) dan Arsenal (16).

Mereka hanya kalah agresif daripada Newcastle United yang mencetak empat gol tanpa balas atas Crystal Palace pada Sabtu malam.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!