Arsenal Takluk di Kandang Sendiri, Drama Enam Gol Spurs vs The Seagulls

Gilabola.com – Arsenal gagal kembali ke puncak klasemen Liga Inggris setelah kalah dari West Ham, sementara Tottenham Hotspur kalah dalam drama pertandingan enam gol yang menegangkan.

Arsenal membuang kesempatan untuk kembali ke puncak klasemen Premier League pada hari Jumat dinihari tadi, kalah 2-0 dari West Ham. Sementara Tottenham tumbang dalam pertandingan penuh drama yang menghasilkan enam gol melawan Brighton.

Dominasi Sia-sia Arsenal vs West Ham United

Tim asuhan Mikel Arteta berada di puncak klasemen pada Natal untuk kedua kalinya berturut-turut dalam dua musim terakhir, tetapi tertinggal dua poin beberapa hari kemudian oleh Liverpool di pertengahan musim.

Runner-up musim lalu tersebut mendominasi penguasaan bola di Emirates tetapi kekurangan ketajaman serangan melawan pertahanan tim tamu yang disiplin, Tomas Soucek dan mantan pemain Arsenal Konstantinos Mavropanos berhasil mencetak gol kemenangan The Reds.

Soucek membuka skor dengan golnya dari jarak dekat pada menit ke-13 setelah umpan dari Jarrod Bowen, gol tersebut dikonfirmasi setelah pemeriksaan VAR yang panjang untuk mengetahui apakah bola telah keluar lapangan.

Arsenal menyerang dengan gelombang serangan tanpa henti dan kiper West Ham Alphonse Areola melakukan penyelamatan spektakuler saat beraksi menghalau sundulan Bukayo Saka pada menit ke-30.

Tembakan winger Inggris tersebut membentur tiang dari sudut sempit menjelang akhir babak pertama tetapi Arsenal tertinggal saat turun minum meskipun mendominasi hampir tiga perempat penguasaan bola.

Arsenal memasuki babak kedua dengan tekad untuk membalas tetapi malah gawang mereka kembali kebobolan dan tertinggal 2-0 ketika sundulan keras Mavropanos memantul dari mistar gawang dari sepak pojok James Ward-Prowse.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Gabriel Jesus gagal mengalahkan Areola dengan sundulannya ketika berada di tempat yang tepat untuk melepaskan serangan dan tak lama kemudian ia melewatkan peluang bagus lainnya dengan sundulan kepalanya di dekat tiang belakang.

Arsenal terus menyerang gawang tim tamu tetapi tidak bisa mencetak gol balasan dan bisa saja menjadi lebih buruk jika Said Benrahma berhasil mengonversi penalti pada akhir pertandingan.

Kekalahan ini membuat Arsenal berada di posisi kedua dengan 40 poin, satu poin di atas Aston Villa dan tiga poin di depan Manchester City, yang memiliki satu pertandingan lebih.

Arteta mengatakan timnya pantas mendapatkan lebih banyak hasil untuk dominasinya.

Sementara pelatih West Ham, David Moyes, merayakan kenaikan posisi timnya ke peringkat keenam dalam klasemen sementara Liga Inggris.

Drama Brighton vs Tottenham Hotspur

Hasil Brighton vs Tottenham Hotspur

Tottenham, pemuncak klasemen di awal musim ini, tetap berada di posisi kelima meski kalah dengan skor 4-2 melawan Brighton pimpinan Roberto De Zerbi, mereka sempat mengancam dan berusaha mengejar ketertinggalan saat skor 4-0 .

Jack Hinshelwood melepaskan tembakan keras untuk membawa tim tuan rumah unggul 1-0 setelah ia berlari menghindari Joao Pedro di sepanjang tepi area penalti.

Brighton menggandakan keunggulan mereka dari titik penalti pada menit ke-23 melalui Pedro, yang memanfaatkan sepenuhnya kesalahan Dejan Kulusevski yang melakukan pelanggaran pada Welbeck.

Penyerang Brasil, Richarlison, mencetak dua gol setelah jeda istirahat tetapi kedua golnya dinyatakan offside dan tak merubah kedudukan.

Pervis Estupinan memperlebar keunggulan The Seagulls dengan tembakan keras dari jarak jauh pada menit ke-63 dan Pedro mencetak penalti keduanya 12 menit kemudian.

Alejo Veliz mencetak gol yang tampaknya menjadi gol hiburan pada menit ke-81 tetapi itu ternyata memompa semangat para pemain Tottenham.

Ben Davies mencetak gol dengan sundulan dari umpan lambung Pedro Porro ketika Spurs mengancam untuk memotong setiap kali mereka menyerang, tembakan Pierre-Emile Hojbjerg membentur tiang di sisa waktu sembilan menit yang menegangkan di waktu tambahan.

Brighton akhirnya berhasil menahan tekanan intens Spurs untuk mengamankan tiga poin.