Heckingbottom Baru Manajer Pertama Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini

Gilabola.com – Tahukah kamu bahwa Paul Heckingbottom baru menjadi manajer Liga Inggris pertama yang dipecat musim 2023/24 ini. Ia diberhentikan dari posisinya di Sheffield United satu jam yang lalu pada Selasa malam (5/12).

Ini menjadi kali pertama di seantero Premier League, seorang pelatih diberhentikan dari jabatannya setelah klub menghuni posisi terbawah klasemen selama sembilan pekan terakhir.

Sebenarnya ada nama Julen Lopetegui yang berpisah jalan dengan Wolves, tetapi itu terjadi 8 Agustus 2023 atau tiga hari sebelum musim baru ini dimulai. Jadi, secara teknis tidak termasuk dalam pemecatan musim 2023/24.

Angka satu manajer musim ini, dua jika memasukkan Lopetegui, termasuk perkembangan drastis karena musim lalu 2022/23 ada 14 manajer dipecat di Liga Inggris, termasuk Thomas Tuchel, Antonio Conte, dan Patrick Vieira.

Musim sebelumnya 2021/22, sebanyak 10 pelatih diberhentikan, termasuk Ole Gunnar Solskjaer, Roy Hodgson, Marcelo Bielsa, dan Sean Dyche.

Liga Spanyol Sudah Memecat Lima Pelatih Sejauh Ini

Jika dibandingkan dengan liga-liga lainnya di seantero Eropa maka Premier League adalah yang paling sedikit memecat pelatih. Baru satu, Paul Heckingbottom setelah Sheffield United menghuni bottom dari klasemen.

Coba bandingkan misalnya dengan LaLiga Spanyol yang sudah memecat lima pelatih. Mereka adalah Quique Setien diberhentikan oleh Villarreal pada 5 September, lalu menyusul Vicente Moreno pada akhir bulan yang sama.

Disusul kemudian oleh pemberhentian Jose Luis Mendilibar oleh Sevilla pada pekan pertama Oktober. Lalu selang sebulan kemudian pada 10 November Pacheta diberhentikan oleh Villarreal, yang terlihat kurang sabar.

Terakhir adalah Paco Lopez, dipecat oleh Granada beberapa hari sebelum bulan November berakhir.

Ini juga merupakan perkembangan drastis jika melihat ada 16 kali pemecatan terjadi selama 2022/23, termasuk Julen Lopetegui, Unai Emery, dan Gennaro Gattuso.

Satu musim sebelumnya 2021/22, ada 11 kali pemecatan, termasuk Ronald Koeman di Barcelona.

Serie A Sudah Empat, Bundesliga Tiga

Paolo Zanetti adalah yang pertama. Ia diberhentikan oleh Empoli pada pekan ketiga September 2023. Disusuloleh Paolo Sousa Salernitana pada pekan pertama Oktober, Andrea Sottil Udinese pada akhir Oktober dan Rudi Garcia.

Nama yang disebut terakhir itu menjadi yang paling terkenal karena dilakukan oleh klub peraih Scudetto, Napoli, usai penampilan awal musim yang kurang mengesankan.

Sementara itu di ajang Bundesliga Jerman sudah tiga yang dipaksa berhenti untuk berbagai alasan. Dua kali melibatkan klub yang sama Augsburg, yang memecat Enrico Maassen pada 10 Oktober dan kemudian Bo Svensson pada 2 November.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!