Kalau Saja Ten Hag Ikuti Saran Bekas Pelatih Manchester United Van Gaal

Gila Bola – “Jangan diambil, nanti nyesal,” tukas bekas manajer Manchester United Louis van Gaal dua tahun silam waktu mendengar rekan senegaranya Erik ten Hag merupakan kandidat terkuat guna mengambil alih posisi di Old Trafford.

“Erik ten Hag adalah seorang pelatih hebat, tapi Manchester United merupakan sebuah klub komersial, jadi itu akan menjadi pilihan sulit bagi seorang pelatih sepak bola,” kata Van Gaal sejujur-jujurnya. “Lebih baik dia pergi ke sebuah klub sepak bola.”

Waktu itu sih pendapat Van Gaal dipandang merupakan reaksi iri hati dari seorang bekas pelatih Setan Merah, tapi kini 10 pekan memasuki musim baru 2023/24, Ten Hag mungkin akan menyesal ia tidak mendengarkan pendapat rekan sesama Belanda tersebut.

Apa yang Dikatakan Van Gaal Tahun 2022 Itu?

Pada tahun 2022 itu Manchester United melakoni proses yang terlihat agak lama, mungkin untuk alasan kehati-hatian. Termasuk salah satu figur yang dipertimbangkan adalah Mauricio Pochettino untuk keberhasilannya menangani Tottenham Hotspur di masa lalu.

Ten Hag akhirnya yang dipilih sebagai manajer anyar di Old Trafford, dipandang sebagai orang yang tepat mengingat pengalaman dan keberhasilannya di Ajax Amsterdam.

Kini, selang 18 bulan kemudian sang pelatih Belanda berumur 53 tahun itu mengalami kesulitan pada musim keduanya dan sudah menelan delapan kekalahan dari 15 pertandingan di semua kompetisi.

Angka kesuksesan kemenangannya mencapai 46 persen saja, yang semakin mendekati batas psikologis yang ditoleransi direksi klub. Dulu, Ole Gunnar Solskjaer dan Jose Mourinho dipecat setelah angka kemenangan mencapai 41 persen!

Van Gaal sendiri juga mengalami dua musim yang sulit sebagai pelatih Red Devils antara 2014 sampai 2016, dipecat usai memenangkan Piala FA pada partai final kompetisi yang menjadi hari terakhirnya.

Erik ten Hag Kedua Terfavorit Untuk Dipecat Segera 

Usai dua kekalahan beruntun di dua kompetisi berbeda, Erik ten Hag masuk dalam daftar nama kedua paling difavoritkan untuk dipecat dari posisinya sebagai pelatih Setan Merah.

United dikalahkan City dalam derby sekota dengan skor 0-3. Dalam waktu tiga hari kemudian skor yang sama terjadi, kali ini kontra Newcastle United di ajang putaran keempat Carabao Cup. Kedua pertandingan itu berlangsung di hadapan pendukung sendiri di Old Trafford.

Tragisnya, the Magpies merupakan lawan yang sama yang mereka hadapi di final Carabao Cup 2023 dan berhasil mereka kalahan dengan gol-gol dari Casemiro serta Marcus Rashford.

Figur paling difavoritkan untuk dipecat adalah Paul Heckingbottom (Sheffield United) setelah hanya satu poin dari 10 laga Liga Inggris, disusul pada posisi ketiga pelatih paling dijagokan dipecat adalah Andoni Iraola (Bournemouth), disusul Vincent Kompany (Burnley).

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!