Kenalin Pemain 19 Tahun, Diperebutkan Manchester City dan Rival Sekota

Gila Bola – Pemain 19 tahun ini 12 bulan silam masih berstatus pemain cadangan Benfica B. Kini ia menjadi rebutan dua raksasa Liga Inggris yang bertetangga, Manchester City dan Man United. Siapa?

Bernardo Silva sudah menyatakan kekagumannya pada rekannya sesama Portugal yang bermain sebagai gelandang bertahan dan penyuplai bola di Benfica, Joao Neves.

Namun figur yang sama juga menjadi incaran Manchester United dengan Bruno Fernandes sudah menyampaikan nama ini agar menjadi transfer masuk pada jendela transfer musim dingin, yang akan dibuka beberapa hari lagi.

Siapakah Joao Neves?

Pemain kelahiran 27 September 2004 ini merupakan salah satu produk akademi junior klub. Namanya mulai terkenal saat ia membawa tim Benfica B menjuarai Liga Remaja UEFA pada 2021/22.

Dengan cepat ia dipanggil masuk skuad senior dan ikut membantu Benfica menjadi juara Portugal pada musim pertamanya.

Secara statistik ia secar aresmi hanya menyumbangkan satu gol bagi timnya di Liga Portugal dan satu assist di Liga Champions pada musim 2022/23, serta satu gol dan satu assist sejauh ini di liga domestik pada 2023/24.

Tetapi itu terjadi karena pra-assist tidak masuk hitungan. Padahal umpan-umpan panjang nan akurat adalah hal yang biasa dilakukan oleh gelandang bertahan ini, selain kemampuannya untuk meliuk-liuk sembari membawa bola masuk ke dekat kotak penalti lawan.

Angka akurasi passingnya luar biasa. Mencapai 90 persen lebih dalam tiga kesempatan pemain pengganti di kompetisi Eropa, 87 persen lebih di Liga Portugal. Keduanya pada musim pertamanya.

Saat ia sudah menjadi lebih terkenal, dan menjadi sasaran pengawalan lawan, angka passing darinya pada 2023/24 merosot menjadi sedikit di atas 81 persen di Liga Champion dan 89 persen di liga domestik.

Diragukan, Sir Jim Ratcliffe Mau Danai Transfer Neves

Sang miliuner pengusaha petrokimia Inggris, Sir Jim Ratcliffe, sudah resmi masuk ke dalam klub dan akan mengambil alih operasional sepak bola sehari-hari.

Ia dikenal mengkritik pembelian Casemiro pada awal dua musim lalu dan diragukan akan bersedia mendanai pembelian mahal untuk mendatangkan Joao Neves ke Old Trafford.

Dalam hal ini Manchester City berpeluang sedikit lebih baik dibandingkan tetangganya yang berwarna merah.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!