Keputusan Telah Dibuat, Bek Tengah Ini Bakal Tinggalkan Manchester United Bebas Transfer

Gila Bola – Kisah bek tengah Axel Tuanzebe dengan Manchester United telah berakhir dengan dia akan pergi meninggalkan klub di akhir musim ketika kontraknya berakhir dan tidak diperpanjang.

Saat ini pemain berusia 25 tahun itu bermain untuk Stoke City, bergabung dengan mereka pada Januari 2023 dalam kesepakatan pinjaman hingga akhir musim, tapi kontraknya juga akan berakhir di Old Trafford.

Menurut berita yang diungkap SunSport, Axel Tuanzebe tidak akan disambut untuk kembali ke skuad asuhan Erik ten Hag dan kedua belah pihak telah sepakat untuk berpisah ketika kontrak sang pemain berakhir di akhir musim.

Kapten Tim Muda

Axel Tuanzebe awal mulanya diperkenalkan di skuad utama pada Januari 2017, dengan dia sebelumnya memegang status sebagai kapten tim muda Manchester United dan bahkan langganan masuk timnas.

Pemain yang juga berkebangsaan Republik Kongo itu bermain untuk timnas Inggris U-19, U-20, dan terakhir memperkuat U-21 pada 2017, sayangnya sejak itu dia tidak pernah naik ke tim senior The Three Lions.

Sejauh ini dia telah mencatatkan 37 penampilan di semua kompetisi bagi Manchester United, dan setelah peminjaman yang gagal di Stoke City, dia tidak akan bisa menambah jumlah penampilannya untuk klub ketika kontraknya tidak diperpanjang.

Kejatuhan Karir

Axel Tuanzebe awalnya muncul dengan menjanjikan di tim utama Manchester United, namun kejatuhan karirnya dimulai di musim 2020/2021 ketika dia disalahkan atas kegagalan tim untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen Premier League.

Bek muda tersebut disalahkan selama kekalahan mengejutkan dengan skor 1-2 di kandang melawan tim dasar klasemen Sheffield United dan sialnya lagi, setelaj dicadangkan untuk dua pertandingan, dia kembali menjadi kambing hitam ketika sekali lagi diturunkan ke lapangan.

Axel Tuanzebe hanya bermain satu menit di laga melawan Everton pada Februari 2021, tapi dia salah antisipasi bola mati dan akhirnya kesalahannya menghasilkan gol penyeimbang The Toffees dalam laga yang berakhir 3-3 di Old Trafford.

Sejak itu dia tidak bermain lagi di 11 pertandingan Premier League Manchester United saat Ole Gunnar Solskjaer melindunginya dari serangan rasis para fans, dan sejak itu pula Setan Merah gagal merebut kembali atau mengejar Manchester City di puncak klasemen.

Peminjaman Gagal

Berharap untuk menghidupkan karir, Axel Tuanzebe kemudian dipinjamkan ke Aston Villa dan dia sempat bermain cukup reguler di sana, sebelum kedatangan Steven Gerrard merusak suasananya.

Ada klaim bahwa legenda Liverpool itu tidak suka dengan bek Manchester United sehingga sering mencadangkannya, membuat sang bek tengah pindah ke Napoli, tapi nasibnya lebih buruk karena di sana dia hanya bermain 10 menit.

Sejak itu tak ada jalan kembali bagi Axel Tuanzebe ke skuad utama klub, tidak pernah bermain di bawah asuhan Erik ten Hag dan bahkan peminjamannya saat ini ke Stoke City pun berakhir dengan kegagalan.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!