Kevin de Bruyne Samai Rekor Legenda Manchester United, Wayne Rooney

Bintang Manchester City, Kevin De Bruyne, berhasil menyamai prestasi legenda Manchester United, Wayne Rooney, dalam hal assist di Liga Inggris sepanjang masa setelah mengantarkan kemenangan 3-2 bagi skuad Pep Guardiola melawan Newcastle United.

Gelandang asal Belgia tersebut berhasil menyamai rekor Wayne Rooney dan bahkan melampaui kontribusi Frank Lampard dari Chelsea dalam daftar assist sepanjang masa Premier League.

Kemenangan dramatis 3-2 atas Newcastle United pada Sabtu malam menjadi momen penting ketika De Bruyne kembali memperkuat tim setelah absen empat bulan akibat cedera hamstring.

Dalam pertandingan tersebut, setelah serangan hebat dari Bernardo Silva, Alexander Isak, dan Anthony Gordon, De Bruyne mencetak gol penyeimbang melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-74.

Namun, kontribusinya tidak berhenti di situ. Gelandang berusia 32 tahun itu kemudian memberikan assist ke-103-nya dalam Liga Premier dengan umpan silang yang disambut oleh pemain muda Norwegia, Oscar Bobb. Bobb dengan piawai menyelesaikan peluang tersebut dan menyegel kemenangan City.

Kevin De Bruyne kini memiliki 101 assist untuk Manchester City, melewati Frank Lampard, dan segera akan melampaui rekor Wayne Rooney, eks penyerang utama Manchester United dan Everton.

Posisi selanjutnya dalam daftar assist sepanjang masa dipegang oleh ikon Spanyol, Cesc Fabregas.

Rekor Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier League

PosPlayerAssists
1.Ryan Giggs162
2.Cesc Fabregas111
3.Kevin De Bruyne103
4.Wayne Rooney103
5.Frank Lampard102
6.Dennis Bergkamp94
7.David Silva93
8.Steven Gerrard92
9.James Milner89
10.David Beckham80
11.Christian Eriksen75
12.Teddy Sheringham75
13.Thierry Henry74
14.Andy Cole73
15.Ashley Young71

 

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Meskipun De Bruyne masih memiliki jarak yang cukup dari pemimpin sepanjang masa, Ryan Giggs, yang mencatatkan 162 assist, keberhasilannya menempati peringkat atas dalam daftar ini menandai kontribusi gemilangnya sebagai playmaker.

Giggs, yang membela Manchester United sepanjang kariernya, mencatatkan 111 assist langsung ke gol selama 22 musim pertama Liga Premier.

De Bruyne, yang dianggap sebagai salah satu playmaker terbaik generasinya, telah mencapai pencapaian ganda untuk assist dalam lima musim terpisah di Liga Premier.

Bersama Pep Guardiola, ia meraih lima gelar liga, dua Piala FA, lima Piala Liga, dan meraih mahkota Liga Champions musim lalu.

Dengan kembalinya De Bruyne dari cedera, diharapkan ia dapat tampil sebagai starter saat Manchester City menghadapi Tottenham Hotspur dalam putaran keempat Piala FA pada tanggal 26 Januari mendatang.