Timnas Indonesia Panggil Nadeo Argawinata Gantikan Syahrul Trisna Sehari Jelang Hadapi Irak

Gila BolaTimnas Indonesia secara mengejutkan lakukan pergantian kiper hanya satu hari sebelum menghadapi Irak di laga pertama fase Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, putuskan untuk mencoret satu nama dan memanggil nama lainnya sebagai pengganti hanya sehari sebelum beraksi.

Pelatih asal Korea Selatan itu secara mengejutkan mencoret kiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna, dan memanggil penjaga gawang andalan Borneo FC, Nadeo Argawinata, untuk terlibat dalam turnamen empat tahunan ini.

Nama Nadeo sendiri sebelumnya memang sudah masuk daftar ‘entry by name’ untuk Piala Asia 2023. Namun, ia tak dipanggil untuk ikuti pemusatan latihan nasional di Turki, dan Shin Tae-yong lebih memilih untuk membawa Ernando Ari, Muhammad Riyandi dan Syahrul untuk berlatih di Turki maupun di Qatar saat ini.

Dalam tiga laga uji coba yang dilakoni skuad Garuda jelang Piala Dunia – yakni dua laga uji coba melawan Libya dan satu laga lainnya melawan Iran, Shin Tae-yong memilih untuk menjajal kemampuan Ernando dan Syahrul.

Shin Tae-yong Ungkap Alasan Coret Syahrul Trisna dari Timnas Indonesia

Namun, hanya sehari jelang laga pertama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong lakukan langkah mengejutkan dengan mengganti Syahrul dan datangkan Nadeo. Demikian terungkap dalam akun resmi Timnas Indonesia di laman Instagram.

Alasan Shin Tae-yong cukup jelas, Syahrul cedera. Indonesia pun harus memanggil satu lagi kiper yang nantinya bisa diandalkan dalam turnamen ini. Nadeo pun menjadi kiper yang namanya sudah masuk daftar pemain Indonesia di AFC.

Terkait pergantian ini, PSSI hanya meminta doa kepada masyarakat Indonesia, dan pecinta sepak bola tanah air khususnya, agar Syahrul cepat sembuh. Otoritas sepak bola di Indonesia itupun meminta masyarakat untuk memberi sambutan hangat kepada Nadeo, dengan kembalinya kiper Borneo FC tersebut ke ajang internasional.

Shin Tae-yong Semula Lebih Pilih Syahrul Trisna untuk Bela Indonesia di Piala Asia 2023

Meskipun alasan pergantian kiper ini cukup jelas, yakni karena cedera, tetapi kita tentu masih ingat saat Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya mengapa ia lebih memilih Syahrul dibandingkan Nadeo yang kini tengah bersinar bersama tim Pesut Etam – yang bahkan sedang berada di puncak klasemen Liga 1 Indonesia saat ini.

Saat itu, Shin Tae-yong mengaku lebih memilih Syahrul Trisna karena pemain itu dianggap lebih tenang dalam bermain.

Shin Tae-yong sebelumnya memang sering memanggil kedua kiper tersebut, dan keduanya sering bersaing untuk mendapat kesempatan membela tim Merah Putih. Dia akhirnya memilih Syahrul karena di saat pemain itu diturunkan, kemungkinan Indonesia alami kebobolan menjadi semakin kecil. Karena hal itulah, ia akhirnya memilih Syahrul.

Namun, hanya sehari sebelum bertanding melawan Irak di Piala Asia 2023, Syahrul cedera. Shin Tae-yong harus gercep mengantisipasi berbagai kemungkinan dengan memanggil Nadeo agar segera terbang ke Qatar.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!