Liverpool Bisa Gagal Juara Gara-gara Wasit Musim Ini!

Gilabola.comLiverpool bermain imbang saat menjamu Manchester City di Anfield, seharusnya skuat Jurgen Klopp bisa saja mendapatkan tiga poin andai mereka mendapatkan penalti di menit akhir pertandingan. Apakah ini akan berakibat fatal dalam perburuan gelar juara mereka?

The Reds seharusnya mendapatkan penalti jika melihat pelanggaran yang dilakukan oleh Jeremy Doku terhadap Alexis Mac Allister, setidaknya itulah yang dikatakan oleh Jurgen Klopp usai pertandingan.

Namun wasit Michael Oliver saat itu mengabaikan permintaan penalti dan bahkan tak mengeluarkan kartu kuning sekalipun. Alhasil, Liverpool meninggalkan pertandingan dengan perasaan mengganjal, perasaan bahwa mereka seharusnya bisa menang atas Manchester City, apalagi mereka telah bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan melalui gol Alexis Mac Allister di awal babak kedua.

Kontroversi soal masalah penalti ini muncul di menit-menit terakhir pertandingan ketika Jeremy Doku melanggar Mac Allister di dalam kotak penalti dengan mengangkat kakinya tinggi dan menendang pemain Liverpool tersebut di dada bagian samping.

Wasit Michael Oliver tidak memberikan penalti, dan keputusannya juga tidak berubah setelah meninjau pelanggaran tersebut menggunakan layar VAR.

Banyak yang kemudian mempertanyakan apakah keputusan wasit ini kontroversial atau tidak. Karena ini adalah keputusan yang penting yang menyangkut masalah pertarungan dalam perebutan gelar Liga Inggris, dan Liverpool merasa dirugikan oleh keputusan wasit.

Bukan kali ini saja Liverpool pernah dirugikan oleh wasit musim ini, Mohamed Salah dan kawan-kawan juga pernah mengalami beberapa keputusan kontroversial yang merugikan mereka, seperti gol Luis Diaz yang dianulir saat melawan Tottenham Hotspur dan tidak adanya penalti saat handball dilakukan oleh Martin Odegaard di Anfield.

Dan di pertandingan melawan Manchester City, Liverpool sebenarnya memiliki banyak peluang untuk memenangkan pertandingan, tetapi kenyataannya, mereka terpaksa menyesali keputusan wasit yang kontroversial.

Kontroversi ini pun merembet kemana-mana, kini banyak yang mempertanyakan tentang standar pengambilan keputusan wasit di pertandingan papan atas sepak bola Inggris.

Perdebatan juga membahas soal penggunaan teknologi VAR, yang seharusnya digunakan untuk membantu wasit membuat keputusan yang lebih tepat. Tapi nyatanya lebih sering membuat wasit melakukan keputusan yang aneh.

Dan kini, Liverpool bisa saja akan sangat menyesali tindakan wasit ini, terutama karena posisi mereka kini di klasemen Liga Inggris yang tadinya unggul di puncak klasemen justru hilang dan perolehan poin mereka juga sama dengan Arsenal dan berjarak satu poin dengan Manchester City.

Dan jika sampai pasukan Jurgen Klopp gagal meraih gelar juara meski terus memenangkan semua 10 pertandingan tersisa musim ini, maka, salahkan keputusan sang wasit yang tidak memberikan penalti tersebut.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!