Manchester City Menang 4-0 Atas The Cottagers dan Ambil Alih Puncak Klasemen Liga Inggris

Hasil Fulham vs Manchester City berakhir dengan skor akhir 0-4 di pekan ke-36 Liga Inggris 2023/2024, dua gol Josko Gvardiol, satu dari Phil Foden dan gol telat Julian Alvarez antar The Citizen ke puncak klasemen Premier League.

Manchester City secara keseluruhan mendominasi jalannya pertandingan di kandang Fulham United di Craven Cottage pada hari Sabtu malam (11/5). Skuad asuhan Pep Guardiola berhasil memimpin lewat gol Josko Gvardiol di menit ke-13 dan ke-71, gol Phil Foden di menit ke-59 dan gol telat Julian ALvarez dari titik penalti di menit ke-96.

Gol Pembuka Josko Gvardiol di Babak Pertama

Manchester City menunjukkan dominasi mereka sejak awal pertandingan saat bertandang ke markas Fulham di Craven Cottage. Kesabaran dan kegigihan mereka dalam menekan pertahanan Fulham akhirnya berbuah gol pada menit ke-12.

Josko Gvardiol menjadi aktor di balik gol pembuka tersebut. Dia memulai aksinya dengan menusuk dari sisi kiri, kemudian bertukar umpan dengan Kevin de Bruyne. Setelah melewati satu pemain Fulham, Gvardiol melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri bawah gawang yang tak mampu dihalau kiper.

Tiga menit kemudian, Erling Haaland mendapatkan peluang emas setelah memanfaatkan kesalahan pertahanan Fulham. Namun, sepakannya masih melambung di atas gawang.

Bernardo Silva hampir menambah keunggulan Man City pada menit ke-25. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti hasil umpan De Bruyne hanya mampu diblok oleh kiper Fulham, Bernd Leno.

Phil Foden yang baru masuk menggantikan Riyad Mahrez juga mencoba peruntungannya tiga menit kemudian. Namun, tembakannya masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh Leno.

Fulham tak mampu keluar dari tekanan Man City sepanjang babak pertama. Hingga peluit akhir dibunyikan, tim tuan rumah tak berhasil menciptakan peluang berbahaya ke gawang Man City.

Phil Fodden Cetak Sejarah!

Manchester City melanjutkan dominasi mereka atas Fulham di babak kedua. Pada menit ke-59, Phil Foden membungkam Craven Cottage dengan sepakan yang luar biasa.

Bernardo Silva, yang tampil gemilang, menusuk dari sisi kanan dan menemukan Foden dengan umpan terobosan yang sempurna. Pemain muda Inggris itu tak ragu-ragu, langsung melepaskan tembakan keras ke sudut gawang, membuat para fans City yang datang langsung, termasuk mantan vokalis Oasis Noel Gallagher, bersorak histeris!

Gol Foden bukan hanya indah, tapi juga bersejarah. Ia menjadi pemain Inggris kedua di era Premier League yang mencetak 25 gol atau lebih untuk Manchester City di semua kompetisi dalam satu musim, mengikuti pencapaian Raheem Sterling di musim 2018-19 (25 gol) dan 2019-20 (31 gol).

Harapan Fulham untuk bangkit semakin pupus di menit ke-71. Gvardiol, yang membuka skor untuk City di paruh pertama, membawa timnya unggul 3-0 dengan penyelesaian jarak dekat.

Bernardo Silva, sekali lagi, menjadi kreatornya, dengan mengirimkan umpan silang indah dari sisi kanan yang disambut pemain bertahan Kroasia itu tanpa pengawalan di tiang jauh.

Gvardiol, yang awalnya ragu-ragu karena potensi offside, menunggu beberapa detik sebelum merayakan gol bersama para fans City yang gembira. Pemeriksaan VAR cepat memastikan baik Gvardiol maupun rekan setimnya Akanje berada dalam posisi onside saat membangun serangan.

Di menit ke-96, Diop mendapat kartu kuning kedua dan harus keluar lapangan. Bek tersebut melanggar Alvarez di kotak penalti. Alvarez, algojo penalti yang ditunjuk, sukses menceploskan bola ke pojok kanan bawah gawang saat Leno menjatuhkan diri ke arah lain!

Man City menang di Craven Cottage dengan skor telak 4-0. Mereka meraih tiga poin dan memuncaki klasemen sementara, unggul dua poin atas Arsenal.

Manchester City ke Puncak Klasemen

Dengan kemenangan ini untuk sementara Man City dengan total raihan 85 poin dari 36 laga yang telah dilalui, mengambil alih posisi puncak klasemen Liga Inggris dari Arsenal yang baru akan bertanding besok malam bertandang ke markas Manchester United.

TimMainMSKP
Manchester City36267385
Arsenal36265583
Liverpool36239478

Susunan Pemain

  • Starting XI Fulham: Leno, Castagne, Diop, Bassey, Robinson, Iwobi, Palhinha, De Cordova-Reid, Pereira, Willian, Muniz.
  • Starting XI Manchester City: Ederson, Akanji, Dias, Ake, Gvardiol, Rodri, Kovacic, Silva, De Bruyne, Foden, Haaland.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!