Manchester United Imbang Lawan Liverpool, The Reds Diselamatkan Penalti Mohamed Salah

Hasil Manchester United vs Liverpool di pekan ke-31 Liga Inggris berakhir dengan skor akhir 2-2, gol Luis Diaz dibalas oleh dua gol dari Bruno Fernandes dan Kobbie Mainoo, dan Mohamed Salah jadi penyelamat lewat gol penaltinya.

Harapan untuk meraih gelar juara Premier League musim ini bagi Liverpool semakin berat usai bermain imbang melawan Manchester United di Old Trafford pada hari Minggu 7 April 2024 dengan skor akhir 2-2.

Skuad asuhan Jurgen Klopp unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol Luis Diaz di menit ke-23, namun skuad Erik Ten Hag bangkit di babak kedua dan berhasil mencetak dua gol melalui Bruno Fernandes di menit ke-50 dan Kobbie Mainoo membalikkan keunggulan melalui golnya di menit ke-67. Namun Liverpool mendapatkan hadiah penalti di menit ke-84 yang selamatkan timnya dari kekalahan.

Hasil imbang ini membuat Liverpool gagal merebut kembali puncak klasemen dari Arsenal poin yang sama 71 poin namun The Gunners unggul selisih gol, Mohamed Salah dan kawan-kawan tertahan di posisi kedua klasemen, sementara Manchester City menempel ketat di posisi ketiga klasemen dengan 70 poin.

Ini kedua kalinya Liverpool dibuat susah oleh Manchester United tahun ini, sebelumnya The Reds kalah dari Red Devils di ajang Piala FA yang membuat skuad Jurgen Klopp terdepak dari kompetisi tersebut usai kalah dengan skor 4-3 di babak perempat final.

Jalannya Pertandingan

Manchester United langsung berusaha menekan di awal laga. Upaya mereka nyaris membuahkan hasil pada menit kedua, namun gol Alejandro Garnacho dianulir karena offside.

Liverpool tak tinggal diam. Mereka membalas serangan dan mengancam gawang MU pada menit ketiga. Dominik Szoboszlai mendapat umpan dari Mohamed Salah, namun tendangannya masih bisa ditepis Andre Onana.

Ancaman Liverpool terus berdatangan. Pada menit ke-11, Szoboszlai kembali mendapat peluang, namun sepakannya masih melambung tipis di atas gawang.

Gol Luis Diaz Bawa Liverpool Unggul Pada menit ke-23, Liverpool akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Umpan lambung Andy Robertson ditanduk Darwin Nunez, dan bola liar disambar Luis Diaz dengan tendangan gunting di tiang jauh.

MU mendapat peluang pada menit ke-27 melalui tendangan bebas Bruno Fernandes. Casemiro menyambut bola dengan tandukan, namun bola masih meleset tipis di depan gawang Liverpool.

Liverpool terus mendominasi permainan dan menciptakan beberapa peluang. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Liverpool tetap bertahan.

Setelah kebobolan lebih dulu di babak pertama, Manchester United bangkit secara dramatis untuk membalikkan keunggulan di babak kedua!

Setan Merah membalas tepat lima menit memasuki babak kedua dengan cara yang spektakuler. Umpan nyasar Jarell Quansah jatuh ke kaki Bruno Fernandes, yang melihat Caoimhin Kelleher keluar dari posisinya. Fernandes kemudian melepaskan tembakan jarak jauh yang sensasional dan merobek gawang Liverpool! Gol spektakuler tersebut membuat publik Old Trafford bergemuruh.

United melanjutkan kebangkitan mereka di menit ke-67. Kobbie Mainoo menunjukkan kemampuan individu yang brilian, memilih untuk mencetak gol sendiri setelah awalnya mencari Alejandro Garnacho. Mainoo dengan cerdik melewati bek lawan dan melepaskan tembakan kaki kanan yang keras ke gawang tim tamu.

Liverpool tidak menyerah dan terus menekan United di menit-menit akhir. Di menit ke-79, Luis Diaz mendapatkan peluang yang digagalkan oleh Andre Onana, namun Mohamed Salah yang menyambar bola rebound justru mengarahkan bola ke atas mistar. Suasana pertandingan pun menegangkan saat kedua tim saling berjuang untuk meraih gol kemenangan.

Dengan sisa waktu yang sedikit, keputusan penalti yang kontroversial menguntungkan Liverpool. Sebuah tekel Aaron Wan-Bissaka terhadap Harvey Elliott membuat gelandang muda itu terjatuh, dan wasit menunjuk titik penalti. Keputusan tersebut dicek oleh VAR, dan Salah sukses menjalankan tugasnya untuk membawa Liverpool kembali imbang, membuat para fans tim tamu yang datang bersorak sorai.

Meskipun masalah disiplin Wan-Bissaka membuat United kehilangan potensi kemenangan, Setan Merah menunjukkan karakter hebat untuk bangkit dari ketertinggalan. Peluit akhir dibunyikan pada pertandingan yang mendebarkan, membuat kedua tim harus rela berbagi poin dengan hasil imbang 2-2.

Susunan Pemain Manchester United vs Liverpool

Manchester United: Andre Onana; Wan-Bissaka, Harry Maguire, Kambwala, Diogo Dalot; Casemiro, Kobbie Mainoo; Alejandro Garnacho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Rasmus Hojlund.

Liverpool: Kelleher; Conor Bradley, Jarell Quansah, Virgon Van Dijk, Andy Robertson; Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Dominick Szoboszlai; Mohamed Salah, Darwin Nunez, Luis Diaz.

Klasemen Tiga Besar Liga Inggris

No.TimTMSKGMGKSGPoin
1Arsenal31225475245171
2Liverpool31218272304271
3Manchester City31217371314070

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!