Manchester United, Tottenham Bergembira Aston Villa Menang Atas Klub Pangeran Arab Saudi

Gila Bola – Setidaknya dua tim, mungkin bahkan tiga, bergembira usai Aston Villa menang atas klub pangeran Arab Saudi ini, tujuh pekan jelang berakhirnya Liga Inggris. Semua terkait dengan perebutan empat besar, jatah kelolosan Liga Champions.

Gol pertama dari Jacob Ramsey, pemain 21 tahun jebolan akademi muda klub, serta gol kedua dari Ollie Watkins, yang tadi memberi assist untuk gol Ramsey, serta merupakan rekrutan dari Brentford, memastikan kemenangan pasukan Unai Emery atas skuad Eddie Howe.

Gol ketiga Aston Villa datang tujuh menit sebelum bubaran dengan Ramsey berbalik menjadi penyedia assist untuk Watkins. Skor masih terjaga 3-0 saat berita ini diunggah menit 92.

Ini merupakan laga ke-31 dari Villa, namun baru menjadi pertandingan ke-30 dari Newcastle United, pada pekan-pekan terakhir menjelang berakhirnya musim Liga Inggris pada bulan Mei 2023.

Manchester United dan Tottenham Bergembira

Tentu saja dua klub ini bergembira karena kekalahan Newcastle membuka lebar peluang Manchester United dan Tottenham Hotspur untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Sebenarnya bukan hanya Setan Merah dan the Lilywhites saja, tetapi skuad Unai Emery juga bersorak karena tiga poin ini memberi mereka sedikit peluang untuk naik lebih tinggi.

Posisi enam besar klasemen Liga Inggris untuk saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Arsenal 30 kali bermain, 73 poin
  2. Manchester City 29, 67
  3. Newcastle 30, 56
  4. Man Utd 29, 56
  5. Tottenham 30, 53
  6. Aston Villa 31, 50

Aston Villa Melaju Pesat Sejak Ditangani Unai Emery

Sudah tahu dong siapa manajer klub sebelum kedatangan Unai Emery? Steven Gerrard. Tahu posisi mereka pada pekan ke-14, pekan terakhir dari sang legenda Liverpool tersebut? Ranking 13 usai dikalahkan oleh tim yang sama persis, di Saint James Park waktu itu, dengan skor telak 4-0.

Malam ini mereka berhasil membalaskannya meskipun tidak bisa dengan skor yang sama, tetapi yang terpenting memperoleh tiga poin.

Namun coba lihat keberhasilan sang pelatih Spanyol itu menaikkan posisi Villa, dari ranking 13 dan sekarang menempati urutan 6. Sejak kepergian Gerrard, mereka sudah berhasil menang 12 kali termasuk malam ini, kalah empat dan imbang dua kali.

Unai Emery Spesialis Liga Europa, Bukan Liga Champions

Manchester United, Tottenham dan Newcastle boleh sedikit lega. Sepertinya sang manajer Spanyol, bekas pelatih Villarreal dan Arsenal itu, hanya mengincar jatah Liga Europa, bukan Liga Champions.

Di lemari pialanya sudah ada empat trofi Liga Europa atas namanya. Tiga bersama Sevilla secara berturut-turut 2014 sampai 2016 dan satu kali bersama Villarreal pada 2021, sesuatu yang menyebabkan Emery dijuluki sebagai spesialis Liga Europa.

Kategori: Liga Inggris
Topik: Gilabola.com, Aston Villa, Hasil Pertandingan Sepak Bola, Newcastle United