Mikel Arteta Memang Murid Guardiola, Tapi Ingin Seperti Jurgen Klopp di Liverpool

Gilabola.com – Mikel Arteta adalah murid Pep Guardiola dan semua orang tau itu, tapi tampaknya ia juga telah belajar banyak dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta telah mengambil banyak pelajaran berharga dari strategi Jurgen Klopp bersama Liverpool, dan ini mungkin menjadi inspirasi penting dalam pengembangan timnya.

Gaya bermain yang diterapkan oleh Arsenal di bawah Arteta jelas berbeda dengan gaya yang diterapkan oleh Liverpool di bawah kepemimpinan Klopp.

Namun demikian, ada beberapa aspek penting yang telah diambil oleh Arteta dari pengalaman Klopp yang memengaruhi pembangunan kembali kultur dan hubungan dengan penggemar di Arsenal.

Pertemuan antara Arteta dan Klopp di Emirates Stadium pada hari Minggu malam nanti adalah momen yang dinantikan oleh banyak penggemar. Sementara Liverpool memasuki pertandingan tersebut sebagai pemuncak klasemen, Arsenal tentu ingin memberikan perlawanan dalam perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Arteta telah mengungkapkan bahwa dia telah mengamati dengan seksama bagaimana Klopp mengelola Liverpool selama masa jabatannya di sana.

Meskipun demikian, dia sadar bahwa untuk mencapai kesuksesan yang sama, Arsenal perlu menemukan identitasnya sendiri dan menerapkannya dengan konsistensi.

Pelajaran Penting Dari Jurgen Klopp

Salah satu hal yang paling dipelajari oleh Arteta dari kepemimpinan Klopp adalah tekad dan komitmen untuk memperkuat identitas klub.

Klopp telah berhasil menanamkan semangat juang dan niat yang kuat di setiap aspek timnya, sebuah hal yang ingin diadopsi oleh Arteta di Arsenal.

Dalam upayanya untuk membawa Arsenal ke level yang lebih tinggi, Arteta percaya bahwa penting bagi timnya untuk tidak hanya membuat para penggemar bangga, tetapi juga untuk terus meningkatkan standar prestasi mereka.

Dia menyadari bahwa langkah selanjutnya bagi Arsenal adalah untuk mengejar trofi besar secara konsisten, mirip dengan pencapaian Liverpool di bawah Klopp.

Dengan niat yang kuat dan kerja keras yang konsisten, Arsenal ia harapkan dapat mengikuti jejak kesuksesan Liverpool di masa lalu.

Baginya, memenangkan trofi besar secara konsisten adalah langkah selanjutnya yang harus diambil oleh Arsenal untuk mencapai status elit dalam sepakbola Inggris.

Apa Kata Mikel Arteta?

Saat Arsenal bersiap untuk sebuah laga yang bisa menjadi pertemuan terakhir antara Mikel Arteta dan Jurgen Klopp, sang pelatih asal Spanyol menjelaskan apa yang telah ia ambil dari kesuksesannya di kompetisi Inggris.

“Banyak hal. Terutama identitas yang dimiliki timnya, identitas yang dimiliki klub,” katanya.

“Sangat jelas. Klopp adalah seseorang yang sangat bertekad untuk memastikan merek itu terpampang di seluruh klub. Tim memiliki niat dan perilaku yang sangat jelas, terlepas dari di mana (setiap pemain) bermain. Saya suka itu tentang apa yang telah dia lakukan di Liverpool.”

“Niat pertama adalah untuk membuat penggemar kami bangga. Bangga dengan klub, bangga dengan tim dan bagaimana kami mewakili klub kami dan untuk bersama menjalani ambisi kami, dan menikmatinya,” tambah pelatih asal Spanyol itu.

“Saya pikir kami telah memberi mereka dua hal ini dalam beberapa tahun terakhir, mungkin lebih dari yang diharapkan. Tapi tuntutannya lebih besar dan harus lebih besar. Sekarang kita harus memenangkan trofi besar dan memenangkannya secara konsisten dan berada di puncak.”

“Untuk melakukan itu, setiap orang harus memiliki niat yang sama. Itu tidak terjadi jika Anda tidak menuntut satu sama lain dengan cara ini. Itu langkah selanjutnya. Liverpool telah melakukannya, dan kami belum.”

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!