Mikel Arteta Senang Arsenal Menang, Tapi Harusnya Bisa Bunuh Pertandingan Lebih Cepat

Gila BolaMikel Arteta membagikan pemikirannya setelah kemenangan 2-1 Arsenal atas Nottingham Forest di laga pembuka Premier League 2023/2024 mereka di Stadion Emirates pada Sabtu (12/8) maloam WIB.

Pada akhir pertandingan yang menegangkan setelah dominasi Arsenal di babak pertama, Mikel Arteta mengungkapkan dalam konferensi persnya yang diberitakan di situs resmi klub bahwa dia puas terhadap awal musim yang sempurna.

Dia mengatakan bahwa kemenangan tersebut merupakan langkah positif dalam mengawali musim, terutama di Premier League. Dia merasa timnya telah tampil sangat dominan dalam pertandingan tersebut dan layak mendapatkan kemenangan.

Meskipun demikian, Mikel Arteta juga menyadari pentingnya mematikan pertandingan lebih cepat ketika unggul 2-0 dan mengakui bahwa kebobolan gol dalam situasi sepak pojok dapat menjadi pelajaran berharga.

Taktisi Spanyol juga memberikan penilaian terhadap cedera Jurrien Timber dan alasan mengapa dia harus ditarik keluar pada babak kedua. Dia menjelaskan bahwa meskipun bek Belanda dinyatakan fit untuk melanjutkan di babak pertama, namun setelah melakukan gerakan di babak kedua, bek itu merasa tidak nyaman.

Tentang penyelesaian gol yang luar biasa dari Bukayo Saka, Mikel Arteta mengungkapkan kagumnya terhadap penyelesaian yang hebat dari jarak yang sulit. Dia mengakui bahwa mencetak gol dari posisi tersebut melawan kiper lawan seperti Matt Turner adalah pencapaian yang mengesankan.

Bos Spanyol juga menjelaskan keputusannya dalam menempatkan Thomas Partey di posisi bek kanan dan Gabriel Magalhes di bangku cadangan. Dia menjelaskan bahwa keputusan tersebut didasarkan pada taktik tim yang bertujuan untuk memberikan fluksitas dan kejutan di lini tengah serta saat bertahan.

Mengenai pergeseran momentum di babak kedua, Mikel Arteta mengakui bahwa dominasi penuh selama 90 menit sangat sulit dicapai. Dia menjelaskan bahwa timnya mengizinkan lawan untuk menguasai pertandingan di beberapa momen agar bisa bermain lebih cerdas dalam menghadapi perubahan momentum.

Meskipun terjadi perubahan momentum setelah gol lawan, dia merasa bahwa timnya telah berhasil mengatasi situasi tersebut dengan baik untuk mempertahankan keunggulan menjadi kemenangan.

Mikel Arteta juga menjelaskan bahwa taktiknya dirancang untuk mengatasi masalah yang dihadapi tim musim lalu. Dia menyatakan bahwa tugasnya adalah menciptakan masalah bagi lawan dan menemukan solusi terbaik untuk memenangkan pertandingan. Dia memilih pemain dengan cermat setiap minggu berdasarkan kondisi pertandingan dan berusaha memaksimalkan potensi mereka.

Terkait potensi Bukayo Saka menjadi salah satu pemain terbaik, manajer berusia 41 tahun menekankan bahwa tujuan utama para pemain adalah menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri setiap hari.

Mikel Arteta mengakui bahwa perkembangan pemain sulit diprediksi, namun dengan dedikasi dan upaya terus-menerus, para pemain dapat berkembang dan bersaing dengan lebih baik.

Juru taktik Spanyol juga memberikan pandangan positif tentang performa Gabriel Martinelli. Ia menggambarkan pemain sayap Brasil sebagai pemain yang energik dan cermat dalam mengambil peluang. Sang manajer mengakui bahwa penyerangnya itu memiliki potensi besar dan berharap dia dapat terus mengembangkan permainannya.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!