Modal 10 Pemain, Tottenham Kalahkan Tim Promosi dan Kuasai Klasemen Liga Inggris

Gila BolaHasil Luton Town vs Tottenham Hotspur ditutup dengan skor akhir 0-1. Justru setelah bermain dengan 10 orang saja, Tottenham Hotspur berhasil menjebol gawang Luton Town pada laga Liga Inggris, Sabtu malam (7/10), yang memberi mereka posisi puncak klasemen, setidaknya selama 24 jam ke depan.

Micky van de Ven memanfaatkan kekacauan di depan gawang Thomas Kaminski untuk melepaskan serangan first-time dengan kaki kirinya yang terarah ke tiang jauh gawang tuan rumah dan satu gol pada awal paruh kedua pertandingan di Kenilworth Road ini.

Itu merupakan gol pertama sang pemain Belanda bagi Spurs, yang baru saja didatangkan musim panas 2023 ini dari Wolfsburg. Itu merupakan momen mengesankan bagi pemain 22 tahun tersebut.

Gol itu terjadi justru setelah the Lilywhites bermain dengan 10 orang saja usai Yves Bissouma diusir wasit. Sang pemain Mali itu melakukan diving pada akhir babak pertama guna mendapatkan penalti, namun malah berujung kartu kuning keduanya.

Spurs Kini Berpotensi Menguasai Puncak Liga Inggris Selama 28 Hari ke Depan

Kemenangan ini memberi pasukan Ange Postecogolou 20 poin, yang cukup untuk melontarkan mereka ke posisi pertama klasemen sementara Liga Inggris.

Sang pelatih Australia itu akan berharap bigmatch Arsenal (17 poin) vs Manchester City (18) pada Minggu malam (8/10) berakhir imbang, dengan satu poin bagi tim merah dan tim biru langit sama-sama mencegah mereka mengambil alih puncak klasemen dari tangan the Lilywhites.

Bukan hanya 24 jam ke depan, tetapi masa kepemimpinan Tottenham di puncak klasemen Premier League ini bisa memanjang sampai 28 hari ke depan, jauh melewati jeda internasional, jika City dan Arsenal sama-sama dicegah meraih tiga poin oleh lawan-lawan mereka berikutnya.

Siapakah Micky van den Ven

Adegan terakhir Micky van den Ven bersama Wolfsburg adalah ketika ia berlari kencang dan melakukan sliding tackle untuk mencegah terjadinya gol ke gawang tim Bundesliga tersebut. Namun peran besar sang pemain Belanda kali ini justru mencetak gol.

Golnya pada menit 52 itu berawal dari sepak pojok pendek yang dilepaskan Dejan Kulusevski ke arah James Maddison, yang kemudian mengirim umpan ke tengah kotak dan disambar oleh bek asal Belanda tersebut.

Skor 0-1 ini bertahan sampai akhir saat Spurs mundur guna memperkuat pertahanan mereka. Penguasaan bola yang tadinya mencapai 82 persen selama babak pertama merosot menjadi 56 persen saja selama paruh kedua, tapi mereka masih bisa melepaskan tiga serangan on target dan satu berhasil diubah menjadi gol.

Bukan hanya menurunkan penguasaan bola, Postecoglou juga mengalihkan konsentrasi pada pertahanan timnya dengan menarik keluar kapten Son Heung-min dan James Maddison, menggantinya dengan Emerson Royal dan Oliver Skipp.

Selain itu mengganti Destiny Udogie dan Kulusevski dengan Ben Davies serta Alejo Veliz pada menit-menit terakhir pertandingan di Kenilworth Road ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!