Niat Keluar Zona Degradasi Gagal Total! Hasil Leeds United vs Newcastle United Skor 2-2

Gila Bola – Gara-gara ujung jari, niat Leeds United untuk keluar dari zona degradasi gagal total saat menjamu Newcastle United, imbang 2-2 dan nasib Leeds kini terancam!

Leeds United menjamu Newcastle United di pekan ke 35 Liga Inggris Premier League yang digelar di stadion Elland Road pada hari Sabtu (13/5) malam wib.

Meski sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Luke Ayling di awal pertandingan, namun dua hadiah penalti yang sukses dieksekusi pemain Newcastle Callum Wilson membuat Leeds was-was, beruntung Rasmus Kristensen berhasil kembali menyamakan kdudukan!

Leeds United kini semakin sulit untuk keluar dari zona degradasi klasemen Liga Inggris, sementara Newcastle tetap menjaga posisi tiga klasemen usai kemenangan ini.

Jalannya Pertandingan

Leeds memulai pertandingan dengan sangat baik ketika Ayling mencetak gol dari hasil rebound sundulan Rodrigo, memberikan mereka keunggulan saat babak pertama baru berjalan tujuh menit.

Namun, situasi pertandingan berubah dalam waktu lima menit ketika dua penalti diberikan. Tendangan penalti Bamford berhasil diselamatkan oleh Pope, yang mencegah Leeds untuk memperbesar keunggulan.

Sebaliknya, Newcastle diberikan penalti, dan gol berhasil dicetak oleh Wilson dengan percaya diri, sehingga menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1, bola ia arahkan ke sudut bawah gawang.

Saat paruh waktu, pertandingan antara Leeds dan Newcastle masih imbang dengan kedua tim sama-sama mencetak satu gol.

Pada menit ke-66 pertandingan, Newcastle memberikan umpan silang dari sisi kiri mencari Isak yang berada di dekat tiang jauh. Pemain tersebut menyundul bola melebar dan dengan cepat meminta penalti dengan alasan handball. Setelah diperiksa, sistem VAR meneliti insiden tersebut karena lengan Firpo berada di atas kepalanya.

Setelah melihat ulang rekaman, terlihat bahwa bola memang menyentuh ujung jari Firpo ketika sedang terbang menuju Isak. Setelah melakukan pengamatan yang cukup lama terhadap rekaman, wasit akhirnya memberikan tanda untuk penalti sekali lagi.

Sementara itu, pemain Leeds menolak keputusan tersebut dengan mengklaim bahwa bek kiri mereka didorong, namun wasit tetap teguh pada keputusannya. Dan Callum Wilson sekali lagi berhasil mencetak gol dari titik utih penalti dan merubah kedudukan menjadi 1-2 untuk keunggulan Newcastle United!

Di menit 79, Leeds berhasil memenangkan sepak pojok pertama mereka pada babak kedua, namun sangat kacau karena dua kali tembakan diblokir. Newcastle akhirnya tidak bisa membersihkan lini mereka. Bola memantul keluar ke Kristensen di pinggir kotak penalti, dan dengan tenang melepaskan tembakan voli tepat di dalam tiang dekat, dengan defleksi dari Trippier yang membuat Pope terkecoh. Skor menjadi 2-2!

Sebelum pertandingan berakhir, Schar mengirimkan umpan panjang yang spektakuler melewati pertahanan, dan Gordon bergegas mendekatinya. Firpo menempelnya dengan ketat, namun akhirnya ia justru menendang tumit Gordon sehingga terlepas sepatunya, memberikan kesempatan tendangan bebas di luar kotak penalti di sisi kanan.

Karena Gordon merupakan pemain terakhir, Firpo akhirnya dikeluarkan oleh wasit dengan kartu merah langsung, meskipun sebelumnya sudah mendapat kartu kuning. Akibatnya, Leeds dipaksa bermain dengan hanya sepuluh pemain selama enam menit tersisa di lapangan.

Fakta Pertandingan

  • Sam Allardyce, mantan manajer Newcastle United, memiliki rekor yang luar biasa melawan mantan klubnya. Dia telah memenangkan lebih banyak pertandingan Liga Premier melawan Newcastle daripada tim lainnya, dengan total 13 kemenangan.
  • Allardyce juga memiliki debut kandang yang sukses di Liga Premier dengan lima klub sebelumnya, dengan satu hasil imbang dan dua kekalahan. Salah satu kemenangan tersebut terjadi pada Oktober 2015 ketika ia memimpin Sunderland melawan Newcastle, membawa timnya meraih kemenangan 3-0.
  • Eddie Howe hanya melakukan satu perubahan pada tim setelah kekalahan mereka dari Arsenal akhir pekan lalu. Miguel Almiron ditambahkan ke lini depan bersama Callum Wilson dan Alexander Isak, dengan Jacob Murphy berada di bangku cadangan. Sementara itu, Nick Pope menjalani penampilan liga ke-250 dalam empat divisi sepak bola Inggris.
  • Sam Allardyce melakukan tiga perubahan pada tim yang kalah dari Manchester City pada pekan lalu. Robin Koch, Rodrigo, dan Mason Greenwood semuanya dimasukkan dalam lineup utama, sedangkan Enock Roca, Adam Forshaw, dan Amari Miller telah dikirim ke bangku cadangan. Selain itu, Luke Ayling menjalani penampilan ke-250-nya untuk Leeds, sementara Patrick Bamford akan bermain dalam pertandingan Premier League ke-100-nya.

Klasemen Liga Inggris

#TeamMPWDLFAGP

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!