Pep Guardiola Putuskan Manchester City Tanpa Rodri, Dampaknya Bisa Buruk!

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengatakan bahwa ia akan mengistirahatkan Rodri setelah sang gelandang tersebut meminta jeda untuk pemulihan.

Rodri, pemain Manchester City berusia 27 tahun, telah bermain dalam 41 pertandingan musim ini dan setelah pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid pada tengah pekan lalu, ia mengindikasikan bahwa City berencana untuk mengistirahatkannya.

Tim asuhan Guardiola akan menghadapi Luton, tim penghuni peringkat ketiga terbawah, di Etihad Stadium pada hari Sabtu mendatang dalam pertandingan Liga Inggris.

Guardiola pun menyetujui permintaan Rodri, “Jika seorang pemain tidak ingin bermain maka dia tidak akan bermain, sederhana,” kata manajer Manchester City itu.

Hasil imbang 3-3 melawan Real Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions membuat Rodri tidak terkalahkan dalam 66 pertandingan terakhir bersama City di semua kompetisi. Catatan itu sudah berlangsung selama 429 hari.

Rodri merupakan salah satu pemain dengan menit bermain terbanyak. Di antara lima liga top Eropa, hanya tiga pemain yang memiliki catatan starter lebih banyak dari pemain internasional Spanyol itu musim ini, yaitu bek Arsenal William Saliba (42 penampilan) dan dua kiper.

Dampak Absennya Rodri

Rodri telah absen dalam empat pertandingan domestik karena skorsing musim ini, dan hal ini berdampak buruk bagi City yang kalah di semua pertandingan tersebut.

“Lihatlah pertandingan kami dan kemudian Anda akan menyadarinya. Dia sangat penting untuk kualitas yang dia berikan,” tambah Guardiola, yang timnya berada di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan tujuh pertandingan tersisa.

“Saya merasa bahwa pada pertandingan saat dia lelah seperti melawan Crystal Palace dan Madrid, dia bermain lebih baik di babak kedua. Dia berlari lebih banyak dan lebih akurat di babak kedua dibandingkan babak pertama.”

“Lebih dari sekadar fisik, ini adalah masalah ketahanan mental. Bermain setiap tiga hari, tiga hari. Tentu saja dia lelah, bermain dalam banyak pertandingan.”

Kalender Padat Picu Cedera

Guardiola mengatakan bahwa jadwal pertandingan yang semakin padat membebani pemain dan menyebabkan lebih banyak cedera.

City, yang masih berlaga di tiga kompetisi, telah memainkan tiga pertandingan pada bulan April dengan lima pertandingan lainnya sudah terjadwal, dan berpotensi menghadapi enam pertandingan lagi di bulan Mei, ditambah kemungkinan final Liga Champions pada 1 Juni.

“Ini menjadi semakin buruk dan buruk,” kata Guardiola.

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, juga akan tanpa 11 pemain saat melawan Everton pada hari Senin, mengatakan: “Ini musim yang spesial bagi kami karena kami banyak menderita.”

“Sangat sulit ketika Anda tidak memiliki skuad yang fit.”

Ben Dinnery, analis data dan pendiri Premier Injuries, mengatakan musim ini diperkirakan akan terjadi peningkatan 15% cedera yang menyebabkan pemain absen dalam pertandingan, dengan jumlah hari yang dihabiskan karena cedera diperkirakan akan meningkat 30%.

Berbicara kepada Football News Show BBC, Alexander Bielefeld, kepala kebijakan di serikat pemain global Fifpro, mengatakan “kesabaran sudah habis” di antara para pemain dan serikat pemain.

“Kami sedang menghabiskan kalender,” katanya. “Kami sudah melewati titik kritis. Kami telah membuat perubahan pada ukuran skuad, kami telah melihat perubahan pada substitusi tapi terus terang semua ini tidak cukup.”

Chris Hattersley dari Football Physio mengatakan tuntutan yang diberikan kepada para pemain “pada dasarnya terlalu tinggi untuk apa yang bisa ditoleransi tubuh.”

Hattersley menambahkan: “Kecuali mereka mengatasi jadwal pertandingan, maka mungkin itu akan terus bertambah buruk.”

“Seringkali ada jadwal Sabtu-Selasa, jika Anda melihat pemulihan fisiologis dari pertandingan, sebenarnya dibutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Jadi para pemain belum sepenuhnya pulih pada hari Selasa itu. Jika Anda melalui periode padat yang berkepanjangan, risiko cedera meningkat.”

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!