Phil Foden Menembak Langsung dari Luar Kotak, Membantu Manchester City

Gila Bola – Pemain 23 tahun Phil Foden memperlihatkan kecerdikannya. Saat menyaksikan kotak penalti Everton dijejali 8-9 pemain tim biru, ia memutuskan melepaskan sepakan keras dari luar kotak.

Gol itu, ditambah dengan gol penalti Julian Alvarez sesaat kemudian, memastikan kemenangan Manchester City pada pertandingan pekan ke-19 Liga Inggris di Goodison Park, Kamis subuh (28/12).

Anda bisa melihat situasi gol Foden itu pada foto di atas. Gol itu diawali oleh sepak pojok Alvarez di sisi kanan, pendek saja, yang kemudian diteruskan berputar ke Foden, ke Jack Grealish di sisi lain kotak, kembali lagi ke Foden.

Itulah momen ketika pemain No 47 itu memutuskan untuk segera mengukuhkan gol penyama kedudukan dengan sebuah serangan jarak jauh. Lihat jumlah pemain tuan rumah di dalam dan di sekitar kotak. Ada 10 outfield players seluruhnya!

Apa yang Terjadi Jika Tidak Ada Gol Phil Foden?

Jika tidak ada gol Foden, mungkin tidak akan ada gol kedua. Gol kedua datang dari titik penalti setelah Amadou Onana mencoba melakukan sliding tackle dan si bundar menerpa tangannya.

Itu mirip dengan handball Martin Odegaard yang tidak berujung penalti bagi Liverpool. Akan dirasakan sebagai situasi yang tidak adil oleh para pendukung the Reds.

Tetapi hal ini datang sebagai kepanikan dari pihak Everton setelah Foden berhasil menyamakan skor pada awal paruh kedua permainan.

Di sini juga ada tekanan dari para pemain tim biru langit yang mengerubuti wasit John Brooks. Ada waktu lima detik lebih bagi sang pengadil untuk mengambil keputusan dan ia menunjuk titik putih!

Kiper Jordan Pickford coba menunda-nunda tendangan itu, berujung kartu kuning. Tapi Julian Alvarez tidak terganggu dengan situasi ini, menyepak bola ke bagian tengah gawang dan mencetak gol kemenangan bagi City.

Bernardo Silva menjauhkan jarak, dan memastikan City pulang dengan tiga poin, setelah melesakkan gol tiga menit jelang berakhirnya waktu normal.

Sean Dyche akan merasa sangat sial setelah sempat memimpin lebih dulu melalui gol Jack Harrison pada menit 29 dengan bantuan assist Dwight McNeil, yang memberi Everton keunggulan.

Man City Kini Mengincar Posisi Kedua Klasemen

Pasukan Pep Guardiola kini mengincar posisi kedua klasemen Liga Inggris. Saat ini mereka masih di urutan keempat, tapi laga berikutnya menjamu Sheffield United hampir pasti akan memberi the Skyblues tiga poin tambahan.

Jumlah poin saat ini, 37, dan perolehan tiga poin kontra the Blades pada laga berikutnya 30 Desember nanti, seharusnya sudah cukup untuk memberi City 40 poin yang setara dengan perolehan nilai Arsenal saat ini.

Sebaliknya, kekalahan ini memberi the Toffees satu posisi di atas zona degradasi dan hanya berselisih satu poin saja di atas Luton Town. Tahu gak siapa lawan mereka berikutnya? Wolves yang tadi malam menang besar di kandang Brentford.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!