RESMI! Manchester City Umumkan Transfer Josko Gvardiol, Kenakan Nomor Punggung 24

Gila BolaManchester City telah secara resmi mengumumkan perekrutan bek tengah Josko Gvardiol dari RB Leipzig dengan kontrak berdurasi lima tahun, sebagaimana dirilis di situs resmi klub.

Pemain bertahan internasional Kroasia itu kini menjadi rekrutan kedua bagi The CitizensĀ di jendela transfer musim panas ini usai kedatangan rekan senegaranya, Mateo Kovacic, dari Chelsea.

Bahkan menariknya bahwa kedua pemain itu memiliki sejarah yang sama dalam mengawali karir profesional mereka, sama-sama pernah bermain untuk Dinamo Zagreb sebelum pindah ke klub lain dan semakin sukses.

Dalam kasus Josko Gvardiol, dia mengawali karirnya di tim muda NK Tresnjevka, pindah ke tim muda Zagreb pada 2010 dan dipromosikan ke skuad utama sembilan tahun kemudian, atau pada 2019.

Setelah dua musim di tim utama Dinamo Zagreb, memainkan 87 penampilan di semua kompetisi untuk klub, bek tengah itu kemudian dibeli RB Leipzig pada 2021 dalam kesepakatan transfer senilai Rp 327 Milyar.

Sekarang klub Bundesliga tersebut mendapatkan untung yang sangat besar dari investasi mereka pada Josko Gvardiol karena menurut berita yang diungkap Fabrizio Romano, dia terjual dengan harga 90 Juta Euro, sekitar Rp 1,5 Trilyun.

Di usia yang masih cukup muda, yaitu 21 tahun, bek tengah itu sudah menjadi langganan di timnas Kroasia dan sejauh ini sudah mencatatkan 21 caps sejak memainkan debutnya pada Juni 2021 lalu.

Direktur Sepak Bola, Txiki Begiristain, menyatakan bahwa Manchester City sangat senang bisa merekrut Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Dia mengungkapkan bahwa mereka telah mengamati bek itu dengan cermat dan yakin bahwa pemain tersebut memiliki atribut yang luar biasa.

Dia juga menambahkan bahwa klub-klub top di Eropa juga tertarik padanya, sehingga membawa pemain internasional Kroasia itu ke Etihad adalah berita yang baik bagi juara bertahan Premier League tersebut.

Txiki Begiristain menyoroti kualitas-kualitas Josko Gvardiol sebagai bek tengah yang diinginkan oleh tim. Dia diakui bek itu memiliki kecepatan, kompetitif, agresif, kuat dalam duel udara, penguasaan bola yang baik, kepercayaan diri yang kuat, dan karakter yang baik. Selain itu, Josko juga seorang pemain berkaki kiri yang memberikan opsi tambahan bagi tim di lini belakang.

Meskipun masih muda, Txiki Begiristain meyakini bahwa pemain berusia 21 tahun itu telah mengalami progres yang pesat dalam permainannya. Dia yakin bahwa perkembangannya akan berlanjut di Manchester City dengan bekerja bersama Pep Guardiola dan stafnya.

Sementara itu, Josko Gvardiol akan mengenakan jersey No.24 untukĀ The CitizensĀ dengan nomor jersey tersebut sudah kosong selama lima musim terakhir. John Stones, Patrick Vieira dan Nedum Onuoha pernah memakai nomor jersey tersebut.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!