Roberto de Zerbi, Xabi Alonso, Steven Gerrard, Hansi Flick, Siapa Calon Pengganti Jurgen Klopp?

Gilabola.com -Setelah kepastian kepergian Jurgen Klopp dari Liverpool di akhir musim, ada tanda tanya besar seputar siapa yang akan menjadi pewarisnya di Anfield untuk musim depan.

Seperti telah kami beritakan sebelumnya bahwa Jurgen Klopp telah membuat keputusan resmi bahwa dia akan meninggalkan jabatannya sebagai manajer Liverpool di akhir musim 2023/2024 ini.

Itu akan menandai sembilan tahun taktisi Jerman itu di Anfield sejak dia pertama kali diperkerjakan di klub Merseyside itu pada Oktober 2015 lalu di mana dia telah mempersembahkan tujuh gelar.

Sekarang spekulasi soal siapa yang akan menggantikannya sebagai manajer baru Liverpool musim depan menimbulkan tanda tanya besar, dengan beberapa nama sekarang sudah mulai muncul ke permukaan.

Di antaranya ada Roberto de Zerbi, manajer Italia yang namanya mencuat sejak bergabung dengan Brighton pada September 2022 lalu untuk menggantikan Graham Potter.

Taktisi 44 tahun itu bahkan dipuji Pep Guardiola sebagai tim dengan permainan build-up terbaik dari lini pertahanan, dengan dia berhasil membawa The Seagulls untuk pertama kalinya dalam sejarah lolos ke sepak bola Eropa (Liga Europa).

Mengingat gaya bermainnya, Roberto de Zerbi jelas menjadi kandidat menarik dan ideal sebagai suksesor Jurgen Klopp, tapi dia masih terikat kontrak di Stadion Amex hingga Juni 2026 mendatang.

Kandidat lainnya adalah Xabi Alonso, yang secara luar biasa mampu membawa Bayer Leverkusen memuncaki klasemen Bundesliga dengan keunggulan empat poin dari Bayern Munchen dengan rekor belum terkalahkan di semua kompetisi.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Pelatih Spanyol berusia 42 tahun itu masih terikat kontrak hingga Juni 2026, tapi kabarnya ada klausul bahwa dia boleh pergi jika salah satu dari mantan klubnya memanggil, yang tenntu salah satunya adalah Liverpool.

Kemudian ada juga mantan gelandang The Reds lainnya dan sekaligus mantan kapten dan ikon klub, Steven Gerrard, yang sempat dijagokan sebagai suksesor setelah dia cukup sukses bersama Rangers.

Sayangnya dia gagal sebagai manajer Aston Villa sehingga membuatnya dipecat dan sekarang dia bekerja untuk klub Arab Saudi, Al Ettifaq, jadi dia belum teruji kemampuannya untuk bisa menjadi suksesor Jurgen Klopp.

Satu nama lainnya yang diperdebatkan adalah rekan senegara Klopp yaitu Hansi Flick, yang saat ini menganggur setelah dipecat dari pekerjaannya sebagai manajer timnas Jerman.

Namun, terlepas dari kegagalannya bersama Der Panzer, bos berusia 58 tahun itu punya sukses besar saat membesut Bayern Munchen di mana dia memenangkan sextuple pada 2020.

Ada juga beberapa nama lain yang masih bisa diperdebatkan seperti Luis Enrique yang dipecat timnas Spanyol dan Julian Nagelsmann yang menjadi pelatih timnas Jerman hingga 2024 mendatang.