Selamat Jalan Southampton! Dua Laga Sisa Dipastikan Tak Bisa Selamatkan The Saints

Gila BolaSouthampton dipastikan terdegradasi usai kalah lawan Fulham pada laga Sabtu malam (13/5), dan sementara tim promosi itu naik ke urutan 9 klasemen Liga Inggris, koleksi 24 poin the Saints memastikan mereka terdegradasi.

Hanya 24 poin dan dua laga tersisa sampai akhir musim, berarti maksimal jumlah poin mereka 30 dengan cara memenangkan dua pertandingan tersisa di Brighton dan saat menjamu kedatangan Liverpool pada pekan terakhir, 28 Mei 2023.

Padahal saat ini tim paling atas di zona merah dan ranking 18, Leeds United, mengantongi 31 poin. Jadi sudah bisa dipastikan Southamton turun ke divisi Championship mulai musim yang baru nanti.

Kapan Terakhir Kali Southampton Terdegradasi? 

Akhir musim 2004/05 merupakan kali terakhir klub berjuluk the Saints ini terdegradasi usai menempati ranking terbawah klasemen Premier League pada saat itu. Dua musim selanjutnya di divisi Championship mereka menduduki posisi 12 dan enam.

Namun turun ke urutan 20 pada musim ketiganya dan menduduki urutan terbawah divisi kedua sepak bola Inggris itu pada musim keempat dan terdegradasi lagi ke divisi ketiga, League One.

Namun hanya dua musim Southampton merasakan penderitaan di League One, dengan ranking kedua pada musim 2010/11 membawa “all the Saints go marching in” kembali ke divisi kedua, Championship, dan satu musim berikutnya kembali ke Premier League¬† pada 2012/13.

Kini setelah 11 musim merasakan nikmatnya sepak bola utama Liga Inggris, dengan urutan tertinggi yang pernah mereka cicipi adalah posisi enam pada 2015/16, the Saints dipaksa turun kembali ke divisi kedua.

Sebaliknya, Fulham Tim Promosi Terbaik

Skuad asuhan Marco Silva ini mengukuhkan diri sebagai tim promosi terbaik pada 2022/23 setelah sejauh ini menduduki posisi 9 klasemen sementara Liga Inggris. Bandingkan dengan Bournemouth urutan 14 dan Nottingham Forest posisi 16.

Mereka baru saja promosi awal musim ini dan melaju tinggi berkat salah satunya gol-gol dari Aleksandar Mitrovic, pemain Serbia yang mencetak satu gol pada laga Sabtu malam ini di Saint Mary’s Stadium. Satu gol pembuka dicetak Carlos Vinicius, asal Brasil.

Anda bisa melihat adegan gol Mitrovic, yang merendahkan tubuhnya guna menyundul crossing dari Harry Wilson dari sisi kanan lapangan.