Siapa Omar Berrada? CEO Baru Manchester United, Otak di Balik Kesuksesan The Citizens

Gila Bola Manchester United melakukan penunjukan pertama di bawah kepemimpinan baru Jim Ratcliffe dengan menghadirkan Omar Berrada sebagai CEO baru klub. Siapa dia sebenarnya? Berikut profinya otak di balik sukses Manchester City itu.

Omar Berrada, yang lahir di Paris dan berdarah Maroko, tumbuh besar di Maroko dan menempuh pendidikan di Amerika Serikat sebelum akhirnya meninggalkan kuliahnya untuk melanjutkan studinya di EU Business School.

Selama waktunya di EU Business School, dia pergi ke Barcelona. Di Barcelona, Omar Berrada bekerja untuk penyedia internet Tiscali.

Di Tiscali, dia bertemu dengan orang yang memberinya peluang besar di dunia sepak bola. Bosnya di Tiscali pindah untuk bekerja di Barcelona dan merekrut Berrada di departemen pemasaran Barcelona pada tahun 2004.

Selama periode 2004-2011 di Barcelona, Omar Berrada naik jabatan dari Media Business Development Manager menjadi Head of Sponsorship klub. Tugasnya melibatkan negosiasi kesepakatan dengan merek-merek global atas nama klub Catalan. Dia adalah orang di belakang branding UNICEF dan kesepakatan dengan TV3.

Setelah bekerja untuk Blaugrana selama delapan tahun, dia kemudian pindah ke Manchester dan bekerja untuk City sebagai Head of International Business Development pada tahun 2011.

Dia terus bekerja dengan peran yang serupa seperti yang dia lakukan di Catalonia, di mana dia menegosiasikan kesepakatan sponsorship. Dia kemudian dipromosikan menjadi Director of Partnership Sales pada tahun 2013 dan Senior VP Commercial Director untuk City Group pada tahun 2015.

Dalam peran-peran ini, dia bertanggung jawab menjaga hubungan bisnis dengan investor utama sambil membantu City memperluas domain pemasarannya melalui tur dan hal-hal sejenisnya.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Pada tahun 2016, Berrada menjadi Chief Operating Officer di City dan kemudian menjadi COO dari seluruh City Group pada tahun 2020. Sebagai COO, dia bertanggung jawab atas transfer, kepanduan bakat, ilmu olahraga, dan analisis data City.

Dia memiliki peran besar dalam menjaga reputasi City dalam menjual bakat akademi dengan nilai tinggi, pengembangan klub-klub City Group seperti NYCFC dan Girona, membuat departemen analisis data City menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dan pemanduan bakat untuk klub-kub City Group.

Pengalaman Omar Berrada di Manchester City dan Barcelona sangat berharga untuk kesuksesan sepak bola dan komersial mereka masing-masing.Sekarang, sebagai CEO baru di United, dia tentu saja memiliki banyak pemahaman, baik dari sisi sepak bola maupun komersial, yang akan menjadi keuntungan yang sangat berharga.

Dia memberikan perspektif yang sedikit dimiliki oleh banyak orang dalam sepak bola dunia, dan dengan ambisi Jim Ratcliffe, Omar Berrada akan menjadi aset yang tak ternilai dalam proyek ini.

Dengan aset sepak bola Jim Ratcliffe lainnya di OGC Nice dan Lausanne Sport, pengalamannya sebagai COO City Group semakin bernilai. Meskipun belum diketahui bagaimana hubungan antara United, Nice, dan Lausanne Sport akan terlihat, kehadiran seorang yang pernah bekerja di City Group dalam peran yang begitu penting mungkin menjadi indikasi positif untuk apa yang akan terjadi.

Berrada kemungkinan besar akan merujuk pada pengalamannya di Barcelona dan awal-awalnya di City daripada kapasitas yang dia miliki dalam beberapa tahun terakhir, yang lebih fokus pada sisi komersial.

Singkatnya, Omar Berrada memiliki pengalaman besar dalam ranah sepak bola dan aspek bisnis menjalankan sebuah klub sepak bola. Ini merupakan rekrutan yang luar biasa dalam rezim Jim Ratcliffe.