Sir Jim Ratcliffe Diberi Tenggat Waktu Hingga Senin Untuk Tentukan Nasib Manchester United di Liga Europa

Sir Jim Ratcliffe dan INEOS diberi tenggat waktu hingga hari Senin untuk menjelaskan kepada UEFA mengapa Manchester United dan Nice harus diizinkan bermain di Liga Europa musim depan.

UEFA memberikan tenggat waktu hingga Senin bagi Sir Jim Ratcliffe dan perusahaannya INEOS untuk memberikan jawaban terkait kepemilikan saham di klub Prancis Nice dan Manchester United, yang dapat mengancam The Red Devils bisa terdegradasi dari Liga Europa musim depan.

Meskipun Manchester United meraih kemenangan di Piala FA pada hari Sabtu, ada risiko mereka dikeluarkan dari kompetisi karena Nice, klub lain milik INEOS, memiliki peringkat liga yang lebih tinggi.

Ratcliffe, yang membeli 27,7% saham Setan Merah pada bulan Februari, sekarang memiliki pengaruh besar di Old Trafford. INEOS mengambil alih Nice pada tahun 2019, dan tim Prancis itu mengamankan tiket Liga Europa mereka dengan finis di posisi kelima Ligue 1. Di sisi lain, United menjalani musim Liga Premier yang buruk, turun ke posisi terendah sepanjang sejarah di urutan kedelapan, gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Namun, pasukan Erik ten Hag membalikkan keadaan dengan meraih kemenangan 2-1 atas Manchester City di Wembley, membawa pulang gelar FA Cup ke-13 mereka dan tiket Liga Europa.

Namun, mimpi Eropa mereka bisa pupus kecuali mereka bisa meyakinkan UEFA dengan argumen yang kuat untuk bersaing bersama Nice.

Aturan ketat UEFA tentang kepemilikan multi-klub melarang entitas tunggal untuk memiliki “pengaruh yang menentukan” atas lebih dari satu klub dalam turnamen yang sama.

The Telegraph melaporkan bahwa panel independen akan memberikan keputusan akhir kepada United sebelum babak awal Liga Europa dimulai pada Juli.

Jika hasilnya tidak menguntungkan United, mereka akan turun ke Liga Konferensi karena mereka finis lebih rendah dari Nice di liga masing-masing.

Itu akan membuat Tottenham Hotspur menjadi satu-satunya wakil Inggris di Liga Europa, dengan United dan Chelsea berlaga di Liga Konferensi.

Namun, INEOS telah mengadakan pembicaraan langsung dengan UEFA dan “percaya diri” mereka akan menemukan solusi yang, sesuai dengan pedoman terbaru badan pengatur, memastikan integritas kompetisi.

The Telegraph menambahkan bahwa INEOS dapat menyerahkan kendali harian mereka di Nice, membatasi keterlibatan Ratcliffe menjadi investor utama klub.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!