Sir Jim Ratcliffe Resmi Beli 25% Saham Manchester United Senilai 24 Triliun Rupiah

Gila Bola – Sir Jim Ratcliffe telah resmi mengakkuisisi 25% saham Manchester United, total nilai saham tersebut mencapai 24 triliun rupiah.

Raksasa Liga Inggris, Manchester United, telah memberikan konfirmasi mereka bahwa mereka telah menuntaskan penjualan saham minoritas kepada Sir Jim Ratcliffe.

Pemilik perusahaan raksasa INEOS tersebut juga telah berkomitmen untuk mengucurkan investasi tambahan sebesar 4,64 triliun rupiah ke dalam klub.

Ratcliffe telah resmi memperoleh 25% saham dalam klub melalui kesepakatan senilai sekitar 24 triliun rupiah dan juga akan bertanggung jawab atas operasional sepakbola di Manchester United.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Minggu mengatakan komitmen tambahan sebesar 4,64 trilun rupiah tersebut bertujuan untuk memungkinkan investasi di masa depan di Old Trafford.

“Sebagai pria lokal dan sebagai fans United seumur hidup, saya sangat senang bahwa kami telah dapat menyetujui kesepakatan dengan dewan Manchester United yang memberikan kami tanggung jawab manajemen atas operasional sepakbola klub,” kata Ratcliffe dalam pernyataan tersebut.

“Meskipun kesuksesan komersial klub selalu memastikan ketersediaan dana untuk memenangkan trofi pada level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terungkap dalam beberapa waktu terakhir.”

“Kami akan membawa pengetahuan global, keahlian, dan bakat dari grup olahraga INEOS yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan klub lebih lanjut, sambil menyediakan dana yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi di masa depan di Old Trafford.”

“Kami di sini ada untuk jangka panjang dan menyadari bahwa banyak tantangan dan kerja keras menanti, yang akan kami hadapi dengan tekun, profesionalisme, dan gairah. Kami berkomitmen untuk bekerja dengan semua orang di klub – dewan, staf, pemain, dan penggemar – untuk membantu mendorong kemajuan klub.”

“Ambisi bersama kita jelas: kita semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempatnya yang seharusnya, di puncak sepakbola Inggris, Eropa, dan dunia.”

Sir Jim Ratcliffe akan memperoleh 25% saham klub Kelas B, yang sebelumnya secara eksklusif dimiliki oleh keluarga Glazer, dan hingga 25% saham Kelas A, yang diperdagangkan di Bursa Saham New York.

Seorang sumber mengatakan bahwa dua kursi di dewan sepakbola akan diberikan kepada Sir Dave Brailsford dan Jean-Claude Blanc.

Tidak ada kesepakatan formal agar Ratcliffe menjadi pemilik penuh United, tetapi dia akan mendapatkan hak sebagai pilihan pertama jika keluarga Glazers memutuskan untuk menjual lebih banyak saham mereka.

“Kami sangat senang telah menyetujui kesepakatan ini dengan Sir Jim Ratcliffe dan INEOS,” kata ketua eksekutif bersama dan direktur Avram Glazer dan Joel Glazer dalam pernyataan tersebut.

“Sebagai bagian dari tinjauan strategis yang kami umumkan pada November 2022, kami berkomitmen untuk melihat berbagai alternatif untuk membantu meningkatkan Manchester United, dengan fokus pada memberikan kesuksesan untuk tim pria, wanita, dan akademi kami.”

“Sir Jim dan INEOS membawa kekayaan pengalaman komersial serta komitmen keuangan yang signifikan ke dalam klub. Dan, melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses ke para profesional kinerja tinggi yang berpengalaman dalam menciptakan dan memimpin tim elit dari dalam dan luar lapangan. Manchester United memiliki orang-orang berbakat di seluruh klub dan keinginan kami adalah selalu untuk meningkatkan di setiap tingkatan untuk membantu memberikan kesuksesan lebih banyak kepada penggemar besar kami di masa depan.”

Berita akuisisi resmi ini akhirnya datang setelah lebih dari setahun usai keluarga Glazers mengumumkan mereka akan mengeksplorasi alternatif strategis untuk klub, termasuk menerima masuk investasi atau memberikan izin untuk penjualan penuh klub.

Meskipun ada minat dari Ratcliffe dan pengusaha Qatar Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani untuk mengambil alih Manchester United, rupanya keluarga Glazer lebih memilih untuk menerima tawaran Ratcliffe untuk membeli saham minoritas. Dalam ketentuan kesepakatan, Glazers akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas di klub.

Keluarga Glazer seperti kita ketahui, semakin tidak disukai di kalangan penggemar United sejak pembelian klub yang terlilit hutang pada tahun 2005.

Sebuah pernyataan dari Manchester United Supporters Trust yang merespons pengumuman tersebut menyebutkan: “Hari ini mungkin menjadi langkah maju bagi Manchester United setelah beberapa tahun yang sangat sulit. Tetapi dengan Glazers masih berkuasa, orang harus memahami bahwa penggemar United akan tetap skeptis dan menunggu bukti nyata.”

Ratcliffe, yang berusia 71 tahun, lahir di Failsworth, Manchester, dan tumbuh sebagai penggemar United. Saat ini ia telah memiliki klub Prancis Nice dan FC Lausanne-Sport di Swiss dan pernah gagal membeli Chelsea pada tahun 2022.

Sebelum pengumuman akuisisi Ratcliffe di United, CEO Richard Arnold mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri. Patrick Stewart diangkat sebagai CEO interim dan Arnold akan tetap membantu masa transisi hingga akhir Desember ini.

Pernyataan United juga mengatakan bahwa tanggung jawab manajemen Ratcliffe akan mencakup semua aspek operasional sepakbola tim pria dan wanita serta akademi, bersama dua kursi di dewan Manchester United PLC dan dewan Manchester United Football Club.

Ambisi bersama adalah menciptakan operasional sepakbola kelas dunia dan membangun pada kekuatan klub saat ini, termasuk kinerja di luar lapangan yang sukses.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!