Sudah Taukah Kamu Alasan Kenapa Meriamnya Arsenal Ganti Arah?

Gila Bola –¬†Ada yang sadar gak, mengapa arah meriam di lambang klub Arsenal berubah arah? Apakah musuhnya dari arah berbeda? Ternyata ini dia alasannya!

Sejarah panjang Arsenal telah melalui beberapa transformasi besar pada lambang atau logo klub, tetapi gambar meriamnya tetap menjadi elemen yang paling mencolok sepanjang perjalanan sejarah klub berjuluk The Gunners ini.

Meriam Arsenal menjadi bagian ikonis dari identitas klub sepakbola asal London Utara ini.

Gambar meriam merupakan penghormatan terhadap asal-usulnya yang unik, klub ini dibentuk di Woolwich, London Tenggara, pada tahun 1886 oleh sekelompok pekerja di Royal Arsenal.

Royal Arsenal, yang pada awalnya memproduksi persenjataan dan amunisi untuk angkatan bersenjata Inggris, menjadi inspirasi untuk lambang pertama klub yang menampilkan tiga meriam.

Setelah pindah ke utara sungai Thames ke Highbury pada tahun 1913, lambang dengan tiga meriam dihapus, namun akhirnya dikembalikan pada tahun 1922 dalam bentuk satu meriam dengan julukan klub “The Gunners” yang terukir di sebelahnya.

Meriam terkenal itu menghadap ke barat sejak 1925 hingga 2002, bersama lambang Islington dan moto klub, “Victoria Concordia Crescit” yang artinya kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah “Kemenangan Tumbuh Melalui Harmoni”, ya semacam itulah yah.

Nah pada versi terbarunya, lambang itu berbalik arah dan kini menghadap ke timur.

Menurut The Athletic, alasan perubahan arah meriam di logo Arsenal dari barat ke timur adalah karena hal tersebut melambangkan klub ini ingin merangkul masa depan dan melangkah maju.

Arsenal menggunakan logo baru tersebut untuk musim 2001/02 tetapi tidak dapat mengajukan hak cipta gambar tersebut karena perubahan yang sering terjadi.

Hal ini menyebabkan perubahan pada lambang baru bisa dilakukan pada musim berikutnya di 2002/2003, dan bersamaan dengan itu arah baru untuk meriam diperkenalkan.

Arah meriam yang berubah arah tersebut menandakan perubahan dan masa depan, seiring dengan lambang yang sepenuhnya baru.

Perubahan ini menunjukkan komitmen Arsenal untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, serta menegaskan semangat klub untuk terus maju menuju kesuksesan di masa depan.

Ya amin lah, semoga semakin sukses selalu Arsenal dan bikin Liga Inggris makin seru! Harusnya tumpengan dulu nih!

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!