Ten Hag Temui Onana di Amsterdam Karena Tak Percaya Lagi Pada De Gea Usai Final Piala FA

Gila Bola – Terungkap bagaimana proses awal mula transfer Andre Onana ke Manchester United yang diawali pertemuan dengan Erik ten Hag di Amsterdam dan kekecewaan pada David de Gea.

Kiper Kamerun telah menyelesaikan transfernya ke Old Trafford dari Inter Milan dalam kesepakatan transfer yang bernilai 51 Juta Euro, sekitar Rp 854 Milyar, plus bonus 4 Juta Euro, sekitar Rp 67 Milyar.

Andre Onana juga telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di Manchester United yang akan membuatnya terikat kontrak di klub hingga Juni 2028 mendatang, plus opsi tambahan untuk 12 bulan tambahan.

Penjaga gawang berusia 27 tahun itu pun menjadi rekrutan kedua bagi The Red Devils di jendela transfer musim panas ini usai perekrutan Mason Mount dari Chelsea dalam kesepakatan transfer senilai Rp 1,15 Trilyun.

Sekarang the Athletic memberitakan bagaimana awal mula transfer Andre Onana ke Manchester United bermula, yang ternyata diawali oleh kegagalan klub di final Piala FA musim lalu.

Saat itu The Red Devils menelan kekalahan 2-1 dari Manchester City untuk gagal mencegah tim Pep Guardiola memenangkan treble winners dan David de Gea mendapatkan sorotan besar usai kekalahan tersebut.

Kiper berusia 32 tahun itu disalahkan karena kegagalannya menahan dua tendangan voli jarak jauh Ilkay Gundogan, sementara dalam beberapa tahun terakhir dia juga dinilai mulai kerap melakukan blunder.

Ketidakpercayaan pada David de Gea lagi akhirnya mempengaruhi rencana masa depan Erik ten Hag di klub, yang dimulai dengan tidak memperbarui kontrak penjaga gawang yang sudah mengabdi selama 12 tahun di Old Trafford itu.

Selanjutnya, bos Belanda kemudian tertarik untuk bisa mengontrak Andre Onana begitu musim lalu berakhir dengan keduanya sudah pernah bekerja sama sebelumnya di Ajax Amsterdam antara 2017 hingga 2022.

Kiper Kamerun itu awalnya berpikir bahwa kepindahan ke Manchester United bisa tidak menjamin dia bermain reguler karena harus bersaing dengan David de Gea yang sudah menjadi pilihan No.1 di sana selama lebih dari satu dekade.

Namun dia akhirnya mantap untuk pindah ke Old Trafford setelah tahu bahwa dia akan menjadi kiper No.1 di sana dengan penjaga gawang Spanyol tidak akan dipertahankan usai kontraknya berakhir di akhir musim lalu.

David de Gea mendapatkan banyak sorotan di musim lalu, salah satunya adalah dua kesalahan fatal dalam kekalahan 3-0 Manchester United melawan Sevilla yang membuat mereka tersingkir dari Liga Europa.

Dia kemudian kemudian kebobolan gol yang seharusnya mudah diantisipasi dalam kekalahan 1-0 di kandang West Ham United di Premier League hanya dua minggu kemudian.

Sejumlah kesalahan yang dilakukan David de Gea akhirnya memantapkan tekad Erik ten Hag untuk mengontrak kiper baru, dan sementara dewan klub sangat menyukai Mike Maignan, tapi bos Belanda memprioritaskan Andre Onana sebagai pilihannya.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!