Total Nilai Transfer Liverpool Selama Era Jurgen Klopp Mencengangkan!

Gilabola.com – Terungkap! Kamu harus lihat total nominal uang yang dikeluarkan Liverpool di era kepemimpinan Jurgen Klopp, ini sangat mengejutkan!

Liverpool mencatatkan total pengeluaran terendah dari klub Enam Besar Liga Inggris selama Jurgen Klopp menjadi pelatih Liverpool, namun hebatnya, Klopp tetap mampu membawa Liverpool meraih gelar Premier League dan kejayaan di ajang Liga Champions.

Kesuksesan luar biasa Jurgen Klopp di Liverpool ternyata berhasil dicapai meskipun ia mencatatkan pengeluaran bersih terendah dari klub ‘Enam Besar’ Premier League.

Pelatih asal Jerman itu secara sensasional mengumumkan pada hari Jumat bahwa ia akan meninggalkan The Reds pada akhir musim 2023/2024.

Klopp akan mengakhiri masa jabatan sembilan tahun menukangi Liverpool yang penuh kesuksesan di Merseyside.

Pria berusia 56 tahun itu membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Premier pertama dalam 30 tahun sejarah klub pada 2020, serta memberikan trofi Liga Champions keenam kalinya di musim sebelumnya.

Jurgen Klopp Paling Irit

Keberhasilan Liverpool di bawah Klopp, termasuk di ajang Piala FA dan Piala Carabao, ternyata dicapai dengan pengeluaran bersih secara keseluruhan hanya sebesar £ 254 juta (sekitar Rp4.810 triliun).

Skuad Liverpool telah diperkuat oleh sejumlah pemain elit selama waktu kepemimpinan Jurgen Klopp.

Aggka tersebut juga sudah termasuk rekor transfer klub saat mendatangkan Darwin Nunez senilai £ 85 juta (sekitar Rp1.6 triliun) dan juga transfer Dominik Szoboszlai senilai £ 60 juta (sekitar Rp1.14 triliun).

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Saat Klopp mendatangkan Virgil van Dijk dan Alisson masing-masing seharga £ 75 juta (sekitar Rp1.4 triliun) dan £ 66 juta (sekitar Rp1.25 triliun), keduanya dianggao sebagai pemain yang mampu mengubah The Reds menjadi tim penantang gelar juara.

Secara total, Jurgen Klopp telah menghabiskan £ 807 juta (sekitar Rp15.3 triliun) untuk belanja pemain selama masa jabatannya di Liverpool.

The Reds juga berhasil meraup keuntungan secara signifikan dari penjualan pemain, terutama penjualan Philippe Coutinho senilai £ 140 juta (sekitar Rp2.6 triliun).

Jadi total pengeluaran bersih Liverpool adalah 12,7 triliun rupiah selama era Jurgen Klopp!

Skuad Murah Liverpool di Enam Besar

Pengeluaran bersih Klopp secara keseluruhan tampak sangat kecil jika dibandingkan dengan rival Liverpool, juara bertahan Man City telah menghabiskan total £ 692,3 juta (sekitar Rp13.15 triliun) dari 2015 hingga 2024.

Liverpool sebagian besar telah menjadi rival terbesar Man City selama periode tersebut, The Citizens telah memenangkan lima gelar Liga Premier dan meraih Treble Winner musim lalu.

Sementara itu Manchester United mencatatkan pengeluaran bersih sebesar £ 888 juta (sekitar Rp16.8 triliun) selama sembilan tahun terakhir, Arsenal dan Chelsea masing-masing menggelontorkan dana hingga £ 696,2 juta (sekitar Rp13.2 triliun) dan £ 835,7 juta (sekitar Rp15.8 triliun).

Tottenham Hotspur, tim yang dikalahkan Liverpool di final Liga Champions 2019, menjadi satu-satunya tim yang total belanjanya lebih rendah dibandingkan pengeluaran bersih Klopp.

Tapi Tottenham gagal memenangkan trofi selama periode tersebut, setelah total mengeluarkan dana transfer hingga £ 484 juta (sekitar Rp9.2 triliun).