Transformasi Aston Villa di Bawah Unai Emery, Jauh Dibandingkan Gerrard

Gila Bola – Pemuja Steven Gerrard lebih baik tidak usah baca tulisan ini. Terlihat beda kualitas yang sangat jauh antara penanganan legenda Liverpool itu di Aston Villa dan “Mister Good Evening”, Unai Emery.

Pada akhir November 2023 kemarin tepat 38 pertandingan yang ditangani oleh kedua pelatih itu, yakni sejak mantan pelatih Villarreal itu datang pada Oktober 2022, sesaat sebelum dimulainya Piala Dunia di Qatar.

Apa bedanya 38 pertandingan Emery, yang setara dengan jumlah laga dalam semusim di Liga Inggris, dan Steven Gerrard? Mari kita lihat bedanya.

Apa yang Terjadi Selama Era Steven Gerrard?

Bekas kapten the Reds itu mengambil alih posisi pelatih kepala selama 11 bulan di Villa Park dan mengumpulkan hanya 44 poin saja selama era kepelatihannya.

Persentase kemenangannya selama melatih tim berbasis di Birmingham itu mencapai 32,5 persen saja, yang terdiri dari 13 kemenangan dari 40 pertandingan, delapan hasil imbang dan 19 kekalahan.

Klub memulai musim baru 2022/23 itu dengan buruk dan tim duduk pada posisi sedikit di atas zona degradasi. Tidak mengherankan jika manajemen klub akhirnya memecat Gerrard.

Unai Emery Membawa Klub ke Empat Besar Liga Inggris

Berbeda drastis dengan pendahulunya, sang pelatih Spanyol itu langsung membawa tim ke empat besar klasemen Liga Inggris, yang merupakan pencapaian bersejarah karena terakhir kalinya the Villans setinggi ini terjadi pada, tahu kapan? Tahun 2009.

The Lions saat ini bahkan hanya berjarak empat poin saja di bawah pemuncak klasemen Arsenal, sebagai hasil dari penampilan kandang yang luar biasa, menang tujuh dari tujuh laga di Villa Park. Salah satu korbannya adalah Manchester City.

Ujian pertama akan terjadi nanti malam saat Ollie Watkins dan rekan-rekannya akan menerima kunjungan the Gunners sang pemimpin klasemen, dalam laga yang terlihat sebagai pertarungan spesialis kandang melawan tim dengan catatan tandang terbaik.

Perbandingan Kemenangan dan Kekalahan Emery vs Gerrard

Unai Emery sudah memenangkan empat trofi Liga Europa, jika Anda ingat, dan menularkan kemampuannya itu di sini.

Aston Villa sudah menang 24 kali di bawah arahannya, melintasi dua musim, sembilan hasil imbang dan kalah tujuh kali, meraih 77 poin.

Itu sangat kontras dengan apa yang didapatkan Gerrard terakhir kali, 13 kemenangan saja, 19 kekalahan, dan delapan hasil draw.

Perbandingan gol memasukkan dan kemasukan Emery 71:44 dengan 11 kali gawang bersih, sementara Gerrard 45:50 dengan 10 kali clean sheets. Jelas sang legenda Liverpool harus belajar banyak dari sang guru.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!