10 Pemain Korea Selatan Tahan Imbang Timnas Indonesia U-23, Lanjut ke Perpanjangan Waktu!

Timnas Indonesia U-23 gagal mempertahankan keunggulan di menit-menit akhir pertandingan waktu normal meski unggul jumlah pemain setelah Korea Selatan bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70 babak kedua dalam laga perempat final Piala Asia U-23.

BACA JUGA: Indonesia Menang! Garuda Muda Melaju ke Semi-final Piala Asia U23

Timnas Indonesia U-23 berhasil memimpin terlebih dahulu dengan skor 2-1 atas Korea Selatan di babak pertama perempat final Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4). Gol bunuh diri Komang Teguh sempat menyamakan kedudukan Korea Selatan, namun Rafael Struick kembali membawa Garuda Muda unggul.

Awal pertandingan langsung berjalan sengit. Korea Selatan langsung menekan pertahanan Indonesia di menit-menit awal. Pada menit ke-8, Garuda Muda hampir kebobolan. Berawal dari situasi bola mati, Lee melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Beruntung, bola masih bisa ditepis Ernando Ari.

Indonesia baru membuka skor pada menit ke-15. Berawal dari tendangan spekulasi Rafael Struick dari luar kotak penalti, bola meluncur deras ke sudut kanan gawang Korea Selatan dan gagal dihalau kiper Baek Jong-Beom. Skor menjadi 1-0 untuk Garuda Muda.

Korea Selatan tak tinggal diam. Mereka terus berusaha mencari gol penyama kedudukan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-45. Berawal dari crossing Hong Si-Hoo, Eom Ji-Sung menyundul bola di kotak penalti. Namun, bola tak sengaja mengenai Komang Teguh dan berbelok masuk ke gawang Indonesia. Skor menjadi 1-1.

Di injury time babak pertama, Indonesia kembali unggul. Berawal dari miskomunikasi lini belakang Korea Selatan, Rafael Struick berhasil merebut bola liar di kotak penalti. Dengan tenang, dia menceploskan bola ke gawang Korea Selatan dengan tendangan mendatarnya. Skor menjadi 2-1 untuk Garuda Muda hingga turun minum.

Di babak kedua pada menit ke-70, Korea Selatan terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Lee Young-jun menerima kartu merah usai melanggar Justin Hubner dengan tekel keras, awalnya wasit mengeluarkan kartu kuning, namun setelah memeriksa tayang ulang melalui layar VAR, kartu merah dikeluarkan.

Sayangnya meski unggul jumlah pemain, Garuda Muda lengah dan skuad Korea Selatan justru berhasil mencetak gol penyama kedudukan di masa-masa krusial saat pertandingan menyisakan 6 menit dari waktu normal. Jeong Sang-bin memanfaatkan umpan terobosan kiriman dari Hong Yun-Sang melalui sebuah counter attack dengan tembakan ke arah sudut kanan gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando. Skor menjadi pun imbang 2-2.

Hingga masa injury time yang lebih dari 14 menit berakhir, skor imbang masih bertahan sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Nantikan terus update hasil pertandingan antara Korea Selatan vs Indonesia di Piala Asia U-23.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!