Apa Sih Bedanya Piala FA dan Piala Liga atau Carabao Cup?

Gila Bola – Apa bedanya Piala FA dan Carabao Cup, atau yang juga biasa disebut Piala Liga di sepak bola Inggris? Apakah Piala FA dan Piala Liga sama saja?┬áKami jelaskan semuanya.

Laga-laga Piala FA sudah dimulai hari-hari ini dengan Everton vs Crystal Palace akan menjalani replay setelah laga membosankan mereka Jumat dinihari (5/1) kemarin. Juga menyusul Manchester City vs Huddersfield, Arsenal vs Liverpool, dan Wigan vs Manchester United, besok.

Keduanya merupakan kompetisi yang berbeda. Piala FA biasa dilihat sebagai kompetisi yang lebih prestisius. Tahu alasannya? Karena rivalnya, Piala Liga, melibatkan lebih sedikit tim bola dari divisi yang lebih terbatas.

Perbedaan Piala Liga dan Piala FA, Peserta Kompetisi dan Cara Drawing

Piala Liga, atau juga yang dinamakan Carabao Cup karena alasan sponsorship, merupakan kompetisi yang lebih terbatas. Hanya melibatkan empat divisi teratas sepak bola Inggris.

Mereka adalah tim-tim yang berasal dari Premier League, Championship, League One, dan League Two. Ada 92 tim seluruhnya dari empat divisi ini, termasuk 20 tim yang sangat kita kenal dari Premier League.

Itu berbeda dengan Piala FA yang melibatkan sembilan divisi teratas sepak bola Inggris. Bahkan 10 level, dengan divisi ke-10 bertindak sebagai tim cadangan jika ada tim di level di atasnya yang tidak bisa berpartisipasi.

Popularitas Piala FA dengan demikian lebih tinggi karena menjangkau tim-tim yang jauh lebih banyak, dari wilayah yang kurang dikenal. Rekor peserta terbanyak kompetisi ini mencapai 763 tim pada musim 2011/12.

Perbedaan lain dari dua kompetisi ini adalah cara melakukan pengundian siapa ketemu siapa di tiap babak. Drawing Carabao Cup dilakukan segera setelah pertandingan terakhir di setiap babak. Drawing Piala FA nanti, belakangan, menunggu dukun membisikkan hari baik.

Piala Liga Lebih Dikenal Karena Jadi Ajang Kejutan Pembunuh Raksasa

Karena sifat Piala Liga yang kurang penting dan kurang prestisius, klub-klub raksasa di Premier League biasa memanfaatkan kompetisi ini sebagai ajang pemberian jam terbang bagi para pemain yunior mereka.

Apa akibatnya? Akibatnya, kerap terjadi kejutan karena tim-tim besar dikalahkan tim-tim yang lebih kecil, atau bahkan dari divisi di bawahnya. Itulah sebabnya Carabao Cup kerapkali dikenal sebagai ajang kejutan pembunuh raksasa Liga Inggris.

Tidak heran jika kompetisi ini dianggap kurang penting. Jumlah hadiahnya kalau berhasil mengangkat trofi juara, tahu berapa nilainya? Hanya kurang dari 2 Miliar rupiah! Bahkan membayar gaji mingguan satu orang pemain saja masih kurang!

Bandingkan itu dengan hadiah yang akan diperoleh tim juara Piala FA. Tahu berapa? Kira-kira 39,5 Miliar rupiah. Ya habis juga sih untuk membayar gaji mingguan satu skuad, tapi ya lebih lumayan daripada Piala Liga yang cemen itu.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!