Bali United Takluk 5-1 Pada Laga Pertama Liga Champions Asia, 6 Gol oleh Pemain Lee Man FC

Gila Bola – Bukan hasil yang menyenangkan bagi Bali United setelah mereka menderita kekalahan 5-1 pada laga pertama Liga Champions Asia melawan tuan rumah Lee Man FC, sebuah tim Hong Kong, Rabu petang (16/8).

Bahkan satu-satunya gol dari Serdadu Tridatu itu dicetak melalui bunuh diri pemain lawan Tsui Wang Kit menit 11. Sedangkan sebanyak dua dari empat gol Lee Man dilesakkan oleh Mitchell Paulissen menit kedelapan dan 56, dengan Gil dan Everton Camargo menambahkan dua gol lagi, sebelum satu gol tambahan terjadi menit-menit terakhir.

Mitchell Paulissen merupakan pemain Belanda berusia 30 tahun dan pernah membela Roda JC serta Cambuur. Klub yang disebut pertama itu juga pernah menjadi klub Wiljam Pluim, yang kini membela PSM Makassar. Sedangkan klub kedua pernah menjadi lokasi merumputnya Stefano Lilipaly, yang kini bermain bagi Borneo FC.

Apa Sih Liga Champions Asia Itu?

Sama seperti kompetisi dengan nama serupa di Eropa, Liga Champions Asia mempertemukan tim-tim terbaik di seantero Asia, dengan Al-Hilal asal Arab Saudi merupakan tim paling sukses dengan empat trofi juara.

Namun juara terakhirnya pada 2022 adalah Urawa Red Diamonds asal Jepang, yang akan melaju ke Piala Dunia Antarklub berikutnya sebagai wakil dari Asia.

Al-Hilal menjadi juara Liga Champions Asia pada 1991, 2000, 2019 dan 2021. Lima kali mereka gagal menjadi kampiun meskipun melaju ke final, yaitu pada 1986, 1987, 2014, 2017, dan 2022.

Sedangkan Urawa Red Diamonds menang tiga kali pada 2007, 2017, 2022, kalah satu kali di final.

Apakah Bali United Masuk ke Tahap Penyisihan Grup?

Sama sekali belum. Skuad Stefano Cugurra ini baru memasuki tahap pendahuluan atau preliminary dalam laga satu leg. Pemenang dari pertandingan ini akan melaju ke babak play-off dan baru setelah itu tahap penyisihan grup.

Pelatih Bali United, Teco, melakukan empat pergantian. Pertama-tama yang ditarik keluar adalah Jefferson Asis. Pemain dengan nomor jersey 94 itu digantikan oleh Muhammad Rachmat No 91 pada awal babak kedua.

Setelah gol keempat terjadi pada menit 56, Teco melakukan dua pergantian sekaligus. Ardi Idrus masuk untuk mengisi posisi Eber Bessa. Sementara itu Ramdani Lestaluhu menggantikan Mohammed Rashid.

15 menit sebelum pertandingan berakhir, giliran Rahmat Arjuna yang masuk ke lapangan untuk mengisi posisi Privat Mbarga. Dan terakhir Jajang Mulyana menggantikan Haudi Abdullah, enam menit sebelum laga berakhir.

Namun Lee Man FC masih sempat menambahkan satu gol lagi setelah pergantian terakhir Bali United tersebut dengan gol dari Jose Angel Alonso menit 86. Skor akhir 5-1 1! Dengan demikian Ilija Spasojević dan rekan-rekannya boleh pulang setelah tersingkir dari kompetisi ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!