Baru Tiga Kali Tangani Oranje, Ronald Koeman Sudah Dua Kali Kalah

Gila Bola – Mengambil alih timnas Belanda usai Piala Dunia 2022, Ronald Koeman kini mencatatkan salah satu statistik terburuk dalam karirnya sebagai manajer. Sudah dua kali kalah dari tiga pertandingan yang ditanganinya, dengan mereka ditaklukkan Kroasia 2-4 tadi malam.

Oranje dengan demikian dipastikan gagal meraih trofi pertama mereka dalam 35 tahun terakhir setelah disingkirkan oleh Luka Modric dan kawan-kawan pada partai semifinal UEFA Nations League 2023, Kamis dinihari (17/6).

Gol babak pertama dari Donyell Malen disamakan oleh Andrej Kramaric dan dilampaui oleh Mario Pasalic, sebelum raja kartu kuning Noa Lang menyamakan skor pada detik-detik kritis akhir babak kedua.

Namun momen kebangkitan yang dimulai oleh gelandang Club Brugge itu gagal dilanjutkan rekan-rekannya setelah dua gol tambahan dilesakkan oleh Bruno Petkovic dan Luka Modric pada masa extra time.

Baru Tiga Pertandingan, Koeman Sudah Kalah Dua Kali

Mengambil alih timnas Belanda usai Piala Dunia Qatar dari tangan Louis Van Gaal, Koeman langsung diberi pukulan upper cut oleh Kylian Mbappe dan rekan-rekannya dengan skor 4-0 pada pertandingan pertama tahap kualifikasi Euro 2024, 25 Maret 2023 lalu.

Belanda bangkit dan menang 3-0 atas lawan mereka berikutnya, Gibraltar, tapi itu memang sudah selayaknya dengan negeri protektorat Inggris di wilayah Spanyol itu menduduki posisi 201 pada daftar ranking FIFA.

Kini Koeman boleh melihat data statistik paling buruk dalam karirnya sebagai pelatih, angka kemenangan 33,3% saja usai tiga pertandingan bersama Oranje. Angka itu sudah mendekati 32,35 persen yang ia catatkan bersama Valencia di Liga Spanyol dalam 34 pertandingan antara November 2007 sampai April 2008.

Padahal Belanda di Ambang Trofi Pertamanya Dalam 35 Tahun

Terakhir kali Belanda meraih trofi internasional terjadi pada tahun 1988 saat mereka meraih gelar juara Euro tahun itu dengan lolos ke final kompetisi yang dilangsungkan di Jerman ini dan menang atas Uni Soviet di final.

Antara juara 1988 dan hari ini, Oranje tiga kali menjadi tim urutan ketiga pada kompetisi Euro tahun 1992, 2000 dan 2004. Selain itu mereka kalah di final Piala Dunia 2010, kalah oleh gol tunggal Andres Iniesta pada masa extra time.

UEFA Nations League merupakan kesempatan terbaik Virgil Van Dijk meraih trofi setelah lawan mereka Kroasia merupakan tim yang tidak berpengalaman di kompetisi ini, namun mereka dikejutkan oleh negara dengan 3 juta orang itu, lebih kecil dari jumlah populasi Kabupaten Bogor yang 5,4 juta jiwa.

Belanda Lolos ke Putaran Final Sebagai Tim Terbaik Dengan 14 Gol

KNVB selaku otoritas sepak bola Belanda mungkin akan menyesali keputusannya menyerahkan penanganan tim nasional ke tangan Ronald Koeman, usai Oranje tampil luar biasa selama babak penyisihan grup UEFA Nations League dengan koleksi 14 gol!

Tidak ada tim lain di tahap penyisihan grup ini yang bisa menandingi produktifitas gol Belanda itu meskipun mereka satu grup dengan Belgia, Polandia dan Wales di Grup A4.

Ranking FIFA yang dimiliki Belanda (6) saat ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2010, 2011 saat mereka berada di urutan kedua dunia, yakni setelah lolos sampai ke final Piala Dunia 2010. Sesudahnya mereka pernah serendah posisi 14, 22 dan akhirnya urutan 20 dunia pada periode 2015, 2016, 2017.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!