Begini Loh Aturan Laga Kandang Tandang Piala AFF 2022, Indonesia Dua Kali Main di GBK

Aturan pertandingan di Piala AFF 2022 ini akan sama dengan yang berlaku selama Piala AFF 2018 lalu dalam hal laga kandang dan tandang.

Gila Bola – Piala AFF akan segera dibuka nanti sore dengan pertandingan antara timnas Kamboja melawan timnas Filipina di stadion Morodok Techo National Stadium, Kamboja, pada Selasa (20/12) sore WIB.

Piala AFF 2022 ini merupakan edisi ke-14 dari kejuaraan sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara dengan turnamen pertama digelar pada tahun 1996 lalu di Singapura, yang dimenangkan timnas Thailand.

Piala AFF 2022 ini akan digelar antara 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan ada 10 negara yang akan berpartisipasi yang terbagi dalam dua grup saat timnas Indonesia akan masuk ke Grup A bersama timnas Thailand, timnas Filipina, timnas kamboja, dan timnas Brunei.

Skema Kandang dan Tandang

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT
JayaPoker
JayaPoker
HKIndo
HKIndo

Piala Suzuki AFF 2022 ini akan menggunakan skema pertandingan kandang dan kandang, jadi setiap negara akan berkesempatan untuk dua kali bermain kandang dan dua kali bermain tandang dari total empat pertandingan mereka di babak fase grup.

Misalnya timnas Indonesia, mereka akan dua kali bermain di kandang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Pertama saat menghadapi timnas Kamboja pada Jumat, 23 Desember 2022 dan kemudian melawan timnas Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022.

Dua pertandingan timnas Indonesia lainnya di Grup A ini akan berlangsung di pertandingan tandang, yakni menghadapi timnas Brunei pada Senin, 26 Desember 2022 dan kemudian di laga penutup Grup A mereka melawan timnas Filipina pada Senin, 2 Januari 2023.

Sudah Pernah di Piala AFF 2018

Sebenarnya aturan dua laga kandang dan tandang dari total empat pertandingan fase grup untuk tiap negara dar dua grup terpisah ini bukan pertama kalinya diberlakukan di Piala AFF 2022 ini.

Skema yang sama pernah dilakukan pada 2018 lalu. dalam turnamen yang kemudian dimenangkan timnas Vietnam usai mengalahkan timnas Malaysia di final dengan skor agregat 3-2 untuk menjadi gelar kedua mereka dalam sejarah.

Jadi setiap negara sudah mendaftarkan satu stadion yang akan mereka jadikan sebagai venue laga kandang di babak fase grup dengan semua akan kebagian dua laga kandang melawan negara tertentu dan dua laga tandang melawan dua negara lainnya di grup mereka. Format laga kandang dan tandang akan berlangsung hingga babak fase gugur dan final.

Daftar Stadion Piala AFF 2022

Grup A

  • Thailand   : Stadion Thammasat, Pathum Thani
  • Filipina     : Stadion Rizal Memorial, Manila
  • Indonesia : Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kamboja  : Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh
  • Brunei      : Stadion Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam

Grup B

  • Vietnam  : Stadion Nasional Mỹ Đình, Hanoi
  • Malaysia : Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur
  • Singapura : Stadion Jalan Besar, Kallang
  • Myanmar : Stadion Thuwunna, Yangon
  • Laos       : Stadion Nasional Laos, Vientiane
PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
TexasPoker
JokerNet88
SebelumnyaKlub Inggris Gigit Jari, Napoli Blokir Idola Baru Fans Cabut!
SelanjutnyaAnak Fandi Ahmad Absen Bela Timnas Singapura di Piala AFF 2022