Borussia Dortmund vs Ajax, Sebastien Haller Berpeluang Jadi Starter

Gila Bola – Borussia Dortmund akan menjamu Ajax Amsterdam di laga persahabatan terakhir musim panas ini, Minggu (6/8) malam pukul 22.00 WIB, jelang bergulirnya musim baru 2023/24.

Dalam laga ini, Sebastien Haller akan bertemu dengan bekas klubnya di Signal Iduna Park, setelah sebelumnya Borussia Dortmund menggelar enam pertandingan persahabatan di Jerman maupun Amerika Serikat.

Sebastien Haller menjadi nama pemain yang disebut-sebut banyak media sebelum laga persahabatan Borussia Dortmund kontra Ajax malam ini. Ya, dia memang baru saja gabung BVB pada musim panas tahun lalu, setelah sebelumnya membantu De Godenzonen amankan dua trofi di kompetisi sepak bola Belanda dan melaju ke babak 16 besar Liga Champions, serta mencetak 11 gol dalam delapan laga terakhir.

Sayangnya, di awal karirnya bersama Borussia Dortmund, Haller harus jalani pengobatan kanker dan baru saja kembali bermain untuk Die Schwarzgelben di bulan Januari.

Namun, dia berhasil akhiri kompetisi Bundesliga musim lalu dengan sembilan gol dan lima assist dalam 19 laga yang dimainkannya, dan diperkirakan akan menjadi starter di laga melawan Ajax, serta membuat Youssoufa Moukoko – yang sudah bermain sebagai starter di laga imbang 1-1 melawan Chelsea di Chicago, hanya duduk di bench malam nanti.

Diungkapkan situs resmi Bundesliga, sebelum bertemu The Blues, Dortmund selalu menang di lima laga persahabatan lainnya, dan pelatih kepala Edin Terzic tentunya senang dengan apa yang ditunjukkan skuadnya dalam tur mereka ke Amerika. Terzic kemungkinan akan memilih sesuatu yag mendekati kekuatan penuh skuadnya, walaupun kiper Gregor Kobel absen.

Ajax pernah kalahkan Dortmund di Jerman, dan mereka sudah bertemu dengan lawan dari Bundesliga dalam pramusim kali ini, di mana Ajax kalah 1-3 dari Augsburg pada 29 Juli lalu – sebuah laga di mana Sven kantongi brace.

Namun, sebagai tim langganan Liga Champions, klub raksasa Belanda itu diperkirakan akan menjadi ujian berat bagi Dortmund.

Pelatih baru Ajax, Maurice Steijn, kemungkinan akan bermain tanpa Mohammed Kudus, tapi ia memiliki mantan pemain Werder Bremen, Davy Klaassen, yang selalu tampil kreatif di sepertiga akhir lapangan.

Dengan Jurrien Timber dan Calvin Bassey yang masing-masing telah dijual ke Arsenal dan Fulham musim panas ini, pemain muda Olivier Aertssen bisa tampil sebagai starter di jantung pertahanan Ajax.

Catatan Pertandingan Borussia Dortmund vs Ajax

Borussia Dortmund menjadi tim yang tak terkalahkan selama pramusim ini, di mana mereka sudah bukukan empat kemenangan dan sekali imbang.

Marius Wolf – bermain di posisi bek kanan, sudah mencetak gol keduanya selama periode ini. Namun, Julian Brandt – penyerang paling kreatif BVB musim lalu dengan sembilan gol dan delapan assist,  belum mencetak satupun gol selama pramusim ini.

Haller sendiri tercatat sudah mencetak 47 gol dalam 66 pertandingan yang dimainkan Ajax, sebelum ia putuskan pindah ke Borussia Dortmund musim panas lalu. Rekan sesama penyerang di Dortmund, Donyell Malen, juga pernah habiskan delapan tahun di akademi Ajax.

Tujuh pemain Belanda – terakhir Malen, telah bermain untuk Dortmund, sementara tujuh pemain Jerman bermain untuk Ajax.

Klaassen dan Brain Brobbey sebelumnya juga bermain di Bundesliga, masing-masing di Werder Bremen dan RB Leipzig.

Prediksi Starting XI dan Pemain yang Tersedia/Tak Tersedia

Borussia Dortmund: Meyer – Wolf, Süle, Hummels, Ryserson – Sabitzer, Can (c), Brandt – Malen, Haller, Adeyemi.

Absen: Bynoe-Gittens (cedera bahu), Duranville (cedera hamstring), Meunier (cedera otot), Reyna (cedera kakil);
Diragukan Bermain: Kobel dan Morey (masalah otot), Schlotterbeck (masalah lutut).

Ajax: Gorter – Rensch, Aertssen, Hato, Wijndal – Van den Boomen, Taylor – Daramy, Klaassen (c), Bergwijn – Brobbey.

Absen: Fitz-Jim (cedera engkel), Kaplan (cedera lutut), Pasveer (cedera tangan);
Diragukan Bermain: Berghuis, Kudus dan Van Axel Dongen – sama-sama alami benturan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!