Daftar Rekor Dunia Guinness Lionel Messi Dibandingkan Cristiano Ronaldo

Gila BolaLionel Messi disebut-sebut berhasil mengungguli Cristiano Ronaldo untuk jumlah rekor dunia Guinness. Kita akan lihat beberapa di antaranya, yang tidak melulu musti terkait dengan performa di lapangan hijau. Terakhir, soal jumlah penonton dari gol-gol Messi di Inter Miami.

Dua gol sang bintang Argentina dalam debutnya bagi Inter Miami dikatakan ditonton oleh 3,4 miliar manusia secara online, menyebabkan La Pulga kini memiliki 41 rekor Guinness berbanding hanya 40 rekor yang dimiliki CR7.

Di antara rekor Guinness yang dimiliki Messi adalah jumlah trofi Ballon d’Or dan Sepatu Emas Eropa, selain jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender, penampilan terbanyak di Piala Dunia sebagai kapten timnas dan jumlah man of the match terbanyak di Piala Dunia. Mari kita lihat rinciannya:

Rekor-rekor Guinness Lionel Messi

Salah satu rekor yang dimiliki Messi adalah pemain asing dengan penampilan terbanyak di La Liga, yakni sebanyak 520 pertandingan antara 2004 sampai 2021, serta menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi yang sama dengan 474 gol.

La Pulga juga merupakan pemain dengan jumlah assist terbanyak di Piala Dunia, lima kali. Serta memenangkan 11 kali penghargaan Pemain Terbaik atau biasa disebut Man of the Match dari seluruh pertandingan Piala Dunia yang diikutinya.

Pemain 36 tahun kelahiran Rosario di Argentina itu juga memegang rekor sebagai kapten timnas dengan penampilan terbanyak, 19 kali di seluruh laga Piala Dunia yang diikutinya sepanjang sejarah. Dengan pencapaian sampai final Piala Dunia 2022 di Qatar, Messi juga merupakan pemain dengan penampilan terbanyak di turnamen mundial itu, 26 kali.

Dalam hal jumlah follower di Instagram, Messi mungkin kalah banyak daripada CR7, tetapi bekas pemain PSG ini memegang rekor sebagai pemilik Likes terbanyak di media sosial itu, 75 juta Likes, untuk fotonya memegang trofi Piala Dunia.

Messi juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan Liga Champions, lima gol, saat bertanding melawan Bayer Leverkusen. Itu sama banyaknya dengan Adriano dan Erling Haaland. Ia juga menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak di semua kompetisi dalam satu tahun kalender, 91 gol pada 2012.

Apa Saja Rekor Guinness yang Direbut Cristiano Ronaldo?

Tampil di Piala Dunia 2022 menyebabkan CR7 kini berhasil mencetak gol dalam lima Piala Dunia terpisah, sebuah rekor tersendiri yang tak bisa disaingi oleh Messi. Ia masih memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak, 123 gol dari 200 penampilan bagi timnas Portugal, menyingkirkan Ali Daei dari Iran yang memiliki 109 gol.

Secara khusus perhatian kita akan teralihkan pada Piala Dunia 2018 ketika ia menjadi pemain paling tua yang pernah mencetak hattrick, pada laga melawan Spanyol, yakni saat usianya 33 tahun dan 130 hari.

Namun tidak sia-sia ia mendapatkan gelar “Mister Liga Champions” karena sepanjang karirnya memiliki lima trofi kuping besar atas namanya, sementara Messi hanya empat saja.

Bekas pemain Manchester United dan Real Madrid itu juga menjadi pemilik dari rekor gol terbanyak dalam satu musim kompetisi UEFA, 17 gol, yang dicapainya saat berseragam Los Blancos pada 2013/14. Namun rekor gol terbanyak ini harus dibagi bersama Radamel Falcao pada 2010/11 saat pemain Kolombia itu berseragam FC Porto.

Masih soal UCL, ia mencetak gol dalam 11 laga beruntun yang membentang pada dua musim terpisah 2016/17 dan 2017/18.

Ia juga menjadi pencetak gol penalti terbanyak di La Liga, 61 gol dari 72 kesempatan, yang membuatnya memperoleh julukan “Penaldo”. Namun ia juga menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi Euro dengan 14 gol, lima gol lebih banyak daripada legenda Michel Platini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!