Deretan Kejutan di Kualifikasi Euro 2024, Beberapa Tim Raksasa Tersingkir

Gila Bola – Masih tersisa dua pertandingan lagi pada November 2023, namun beberapa tim raksasa terancam tidak akan melaju ke putaran final Euro 2024, Juni-Juli 2024 mendatang. Termasuk Norwegia yang diperkuat Martin Odegaard dan Erling Haaland.

Norwegia tergabung di Grup A bersama Spanyol dan Skotlandia, selain Georgia dan Siprus. Tersisa satu pertandingan kualifikasi lagi. Namun nilai 10 tidak akan mencukupi bagi pasukan Stale Solbakken itu untuk meraih dua tempat teratas.

Dua posisi teratas diisi oleh Spanyol nilai 15 dan Skotlandia poin sama 15. Maksimal total nilai dari Haaland dan kawan-kawannya adalah 13 jika memenangkan satu laga terakhirnya, setelah sebelum ini menderita tiga kekalahan, satu imbang dan meraih tiga kemenangan.

Tim yang memiliki julukan The Lions itu giginya ompong setelah hanya berhasil lolos ke Piala Eropa satu kali saja sepanjang sejarah, tahun 2000, dan tersingkir di tahap grup. Di Piala Dunia juga demikian, tiga kali lolos ke putaran final, dua kali terhenti di babak 16 besar, satu kali di babak grup.

Italia, Kroasia dan Polandia Dalam Bahaya Tersingkir

Satu di antara sejumlah tim raksasa lainnya yang dalam bahaya tersingkir adalah Italia. Gli Azzurri kini tengah di bawah arahan pelatih anyar yang meraih gelar juara Serie A bersama Napoli, Luciano Spalletti, setelah pelatih sebelumnya Roberto Mancini mundur dan pindah ke Liga Arab Saudi.

Italia sangat butuh kemenangan saat mereka tandang ke Wembley Stadium di kota London. Apalagi di saat yang sama Ukraina dengan perolehan nilai sama 10 tandang ke Malta, yang merupakan tim paling lemah di Grup C.

Ukraina akan menjamu Italia pada matchday terakhir pertengahan November 2023 dalam apa yang terlihat sebagai laga hidup-mati bagi skuad Spalletti. Sentuhan tangan dinginnya di Napoli sangat diharapkan menghasilkan keajaiban serupa di Azzurri. Hanya dua tim teratas grup yang akan lolos ke Jerman. Satu posisi kemungkinan besar akan direbut Inggris.

Sementara itu Kroasia yang merupakan finalis Piala Dunia 2018 juga termasuk satu di antara mereka yang terancam tersingkir. Luka Modric dan kawan-kawan kini menduduki posisi ketiga klasemen Grup C dengan nilai 10, sama banyak dengan Wales dan selisih enam poin di bawah Turki yang sudah pasti lolos.

Polandia memiliki raja gol Robert Lewandowski. Namun nasib mereka kini dalam bahaya besar karena menduduki ranking ketiga Grup E, satu poin di bawah Ceko dan tiga di bawah Albania yang menjadi tim kejutan kali ini.

Swiss di Bawah Ancaman Israel, Swedia Dipastikan Gagal Lolos

Granit Xhaka dan rekan-rekannya memiliki 15 poin, hanya selisih satu di bawah Rumania yang memimpin klasemen Grup I, namun Swiss sudah memainkan tujuh laga dari kemungkinan 10.

Sementara itu Israel di bawah mereka baru bermain enam kali dan nilai 11. Negara yang tengah berperang melawan Hamas itu masih memiliki empat laga sisa yang di atas kertas bisa menghasilkan tambahan 12 poin. Total berpotensi memiliki 23 poin.

Swedia sudah dipastikan tersingkir setelah mengoleksi hanya enam poin saja dari lima laga. Mereka bermain 1-1 selama 45 menit pertama tadi malam dalam sebuah laga yang dihentikan akibat penembakan terhadap dua fans tim, baju kuning itu di luar stadion di Brussels. Dua tim teratas dari Grup F ini adalah Belgia dan Austria dengan perolehan nilai 16.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!